nyeri di siku tangan

dokter sikut tangan kiri sy sudah 2 minggu sakit saat menggenggam atau menekan sesuatu seperti gayung, sikat gigi, dll, sampai kadang barangnya jatuh.
sy sudah melakukan tes darah di dokter tetapi hasilnya normal yg mau sy tanyakan sy ingin periksa tetapi dokter apa yg harus sy datangi, beberapa teman menyarankan dokter tulang atau penyakit dalam, mohon bantuannya

2 answer

hai sobat,
berapakah usia anda? adakah riwayat terbentur atau jatuh yg mengenai daerah tersebut sebelumnya? anda sudah ke dokter, obat apa kah yg sudah diberikan?apakah keluhan anda berkurang setelahnya? apakah rasa nyeri menjalar atau tidak?adakah rasa kesemutan/baal di daeerah tersebut? adakah keluhan lain selain rasa nyei pada siku anda?
terkait keluhan anda, penyebabnya dapat beragam. jika memang terkait trauma, jika memang terjadi patah/retak/dislokasi (pergeseran) di daerah tsb, dapat saja timbul keluhan spt yg sobat keluhkan, terkait terkenanya persarafan dan otot di daerah tsb yg menimbulkan rasa nyeri pada daerah tersebut. jika memang disebabkan oleh trauma/benturan, sebaiknya anda ke dokter ortopedi untuk mengecek adakah yg retak, atau pergeseran di daerah tsb. jika ada rasa kesemutan, atau kehilangan tenaga saat mengangkat barang, tanpa dilatarbelakangi trauma/benturan, anda dapat berkonsultasi ke dokter saraf agar kemudian dapat dilakukan pemeriksaan sensorik dan motorik (kekuatan) dari otot daerah tsb. demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

#1

ia dok, usia sy 55 tahun, pekerjaan sy sehari2 nya adalah pengrajin perhiasan sy sering menggunakan tangan sy untuk memotong dengan benda berat dengan gunting besar, sehingga sering terjadi tekanan di otot tangan dan sendi sy, untuk riwayat jatuh belum pernah ada sebelumnya, rasa kesemutan juga tidak ada, yg sy rasakan adalah rasa nyeri di sikut saja, tetapi membuat tangan sy kehilangan tenaga ketika mengangkat atau menggengam sesuatu, waktu ke dokter sy di kasih vitamin dan anti nyeri saja (merknya sudah tidak kelihatan) , waktu habis di minum rasa sakitnya sempat mereda tp sekarang ini kambuh lagi, tidak ada keluhan lain selain nyeri di sendi tangan tsb, dengan ciri2 tersebut sebaiknya ke dokter saraf atau tulang ya dok? terimakasih

#2
  1. hai sobat,
    untuk keluhan anda tsb, sepertinya terkait dengan pekerjaan anda sebagai seorang pengrajin perhiasan. sehingga kemungkinan mengenai saraf/tendon di area tangan dan menimbulkan bengkak di daerah tangan. disarankan anda ke dokter saraf untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. demikian informasi dari kami semoga bermanfaat.
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.