2 answer

hai sobat,
sudah berapa lama anda batuk? apakah batuk tsb berdahak/ kering? adakah keluhan lain, seperti demam,  gangguan BAK seperti nyeri saat BAK, anyang2an, BAK berwarna keruh?
batuk menyebabkan kontraksi otot di area diafragma dan sekitarnya, sehingga batuk yg keras mungkin dapat menyebabkan nyeri pada daerah tersebut. jika dirasa sangat menganggu dan cenderung memberat, sebaiknya anda konsultasikan langsung kepada dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan dan tata laksana lebih lanjut. demikian informasi dari kami semoga bermanfaat.

#1
  1. Sempat demam juga
  2. Udah 4 hari dok dan batuknya berdahak..

hai sobat,
dari keluhan anda, kemungkinan anda menderita infeksi saluran pernafasan terkait infeksi virus atau bakteri, jika memang anda tidak ada keluhan BAK. apakah ada keluhan nyeri pada tenggorokan, suara parau/serak? tenggorokan terasa panas? jika ya, kemungkinan anda menderita peradangan di area saluran pernapasan (laring dan faring), sebaiknya anda periksakan ke dokter, untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut agar dapat diberikan tata laksana yang sesuai. demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat dan anda lekas sembuh.

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.