Bagaimana agar anak bisa berbicara

Selamat siang Dokter,

Anak saya berusia 19 bulan, perempuan, belum bisa berbicara. Untuk meniup, menyedot tidak ada masalah, kata yang diucapkan hanya “bibibibi”, “mimimi”, “dorr”, dll. Jika minta sesuatu merengek, dan lebih suka menunjuk & menarik tangan saya. Eye contact ada tapi jika dipanggil kadang menoleh kadang tidak jika sedang serius.

Anak saya pernah bbrp kali jatuh pd bagian belakang kepala, apa itu yg menyebabkan anak saya jd blm bisa bicara dok? oleh DSA nya diberikan vitamin “PIRACETAM” apa vitamin itu aman untuk anak saya Dok?

Apa yg harus saya lakukan dok? saya khawatir dengan kondisi anak saya.. Terima kasih Dok

1 Jawaban Dokter

hai sobat Nadia,
keterlambatan bicara yg terjadi pada anak bervariasi dari derajat ringan-berat. gangguan bicara yg terjadi pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal. pertama terkait dengan adanya gangguan pendengaran pada anak, biasanya anak tampak acuh tak acuh bila dipanggil, atau harus dipanggil lebih keras sehingga dapat merespon. gangguan pendengaran yg dialami anak ini memerlukan observasi lebih lanjut, karena tentu dapat mempengaruhi kemampuannya dalam belajar bicara atau menirukan suara, intonasi tertentu. kemungkinan lainnya dapat terkait dengan kurangnya stimulasi dan komunikasi pada anak, jika memang demikian, penyelesaiannya tentu lebih sederhana, yaitu dengan sering mengajak anak berinteraksi dan berkomunikasi dengan anak. kelianan2 lainnya dalah adanya gangguan pada organ bicara anak (biasanya terkait dengan cacat bawaan sejak lahir), infeksi saraf pusat, atau gangguan neurologis lainnya. untuk riwayat jatuh yg ia alami, ada baiknya dikonsultasikan lebih lanjut ke dokter untuk dapat memperoleh pemeriksaan lebih lanjut, biasanya kemampuan berbahasa, berbicaara terkait dengan hemister otak kiri. 
untuk pemakaian obta piracetam pada anak seusia anak anda tidak dianjurkan, sebaiknya tidak diberikan dan sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter anak anda. demikian informasi dari kami semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.