Menstruasi Terlambat

Hal dok, nama saya Indah umur 23 tahun.
Saya mau tanya, menstruasi saya itu bisa terhitung normal, namun baru bulan ini saja saya merasa menstruasi saya terlambat dan tidak ada tanda-tanda saya akan menstruasi padahal sudah cek tanggalan dan memang tanggal2 saya menstruasi.
Apa yang menyebabkan saya belum menstruasi ya? Ada solusi agar saya bisa menstruasi?

1 Jawaban Dokter

hai sobat,
 biasanya siklus anda menstruasi berapa hari? apakah anda sudah menikah/berhubungan seksual sebelumnya? adakah keluhan lain selain terlambat haid? apakah anda memakai alat KB atau mengkonsumsi pil KB, suntik KB, dsb?
keterlambatan haid dapat dipengaruhi oleh berbagai sebab, yg pertama terkait dengan kehamilan, hal lainnya terkait kondisi tubuh, dalam keadaan stress, kodnisi kurang fit, seringkali menstruasi juga dapat terlambat. pemakaian alat KB tertentu, terutama KB hormonal juga dapat mempengaruhi regulasi siklus menstruasi seseorang. untuk regulasi menstruasi yang teratur, perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu, sehingga masalah yg mendasari dapat diketahui dan ditanggulangi dengan sesuai. demikian informasi dari kami semoga bermanfaat.

#1
  1. halo sobat,
    jika tidak ada keluhan lain selain terlambat menstruasi, ada baiknya anda konsultasikan ke dokter bagian obstetri dan gineklogi, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan bila perlu dilakukan USG untuk mengetahui keadaan dinding rahim anda dan adakah hal yg mengganggu keterlambatan menstruasi tersebut. biasanya akan diberikan obat2an hormonal jika tidak ditemukan kelainan2 lainnya. demikian informasi dari kami semoga bermanfaat
  2. Biasanya sih misal saya menstruasi bulan Desember tgl 5/6 dan bulan Januari lalu tgl 2 Jan, nah bulan ini saya belum menstruasi. Tanda2nya pun ga terlihat.
    Saya belum menikah, dan belum pernah melakukan hubungan seksual.
    Dulu saya pernah terlambat hanya beberapa hari saja sekitar 3 th lalu dan selanjutnya normal lagi.
    Itu gimana ya dok?
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.