mohon penjelasan

saya wanita umur 20th dan belum menikah. saya pernah melakukan biopsi di payudara kanan pada tanggal 24 sept 2016, dan dari hasil biopsi diketahui bahwa itu tummor mamae D / dokter menjelaskan itu kanker kelenjar getah bening yg terdapat di payudara.
setelah itu saya foto usg pada kedua payudara saya. dan mendapat hasil :

•Mamae kanan : tampak lesi isohipoekoik bentuk oval, batas tegas, tepi lobulated, struktur inhomogen, tak nampak septasi maupun kalsifikasi wider than taller, paralel dgn kulit pada arah jam 7-8/2.5cm dari papilla mammae (uk +- 1.28 x 3.05 x 2.36 cm). pada pemeriksaan CDS tampak vaskularisasi peri lesi.
tampam limfonodi bentuk oval dgn sentral hillar echogenic pada axilla kanan (uk +- 1.23 x 0.34 cm)

•mamae kiri : tampak multiple limfonodi bentuk oval dgn sentral hillar echogenic pada axilla kiri (uk +- 1.07 x 0.33cm)

•kesan : massa solid mammae kanan bentuk oval, batas tegas, tepi lpbulated pada arah jam 7-8/2.5cm dari papilla mammae (uk +- 1.28 x 3.05 x 2.36 cm) –> probably benign (birads US 3).
tak nampak massa pada mammae kiri (birads US1)
multiple limfonodi pada axilla kanan kiri

yang saya ingin tanyakan adalah apa arti dari hasil usg tersebut? pengobatan terbaik apa yg harus saya jalani? kemo atau sinar? kalau kemo apakah berbahaya untuk kesuburan? apakah ada makanan yang harus saya hindari? terimakasih.

4 answer

hai sobat,
dari hasil pemeriksaan tersebut, memang disimpulkan terdapat tumor pada payudara kanan dan tampak adanya pembesaran kelenjar getah bening di area kelenjar ketiak kiri dan kanan. apakah ada hasil detail dari biopsi yg dilakukan, karena menilik dari hasil USG anda, sesuai yg anda kisahkan, memang diperlukan tindakan biopsi untuk memastikan apakah tumor tersebut ganas atau tidak. jika dilakukan biopsi, dan ternyata tumor tsb jinak, maka akan dilakukan pengangkatan pada tumor tersebut dan kemudian akan dilakukan pemeriksaan patologi anatomi dan observasi lebih lanjut. jika tumor bersifat ganas, tata laksana yg dilakukan tergantung dari stadium tumor dan kondisi umum pasien, jika kondisi umum tdk memungkinkan untuk operasi/kemo/radioterapi, akan dilakukan perbaikan kondisi umum terlebih dahulu, sebelum dilakukan tindakan lebih lanjut. untuk hal ini, kami sarankan anda langsung berkonsultasi kepada dokter yg menangani, sehingga anda dapat memperoleh penanganan yg sesuai. demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat

#1

hasil dari biopsi yang sudah pernah saya lakukan pada tgl 24 sept 2016, hasil lab makroskopis dan mikroskopis kesimpulan : mammae D, biopsi : Consistent with lymphoma of the breast. tepi operasi masih tampak sel tumor. LCA : + . CD 20 : +
lalu sampai sekarang dokter tidak menjelaskan ganas atau tidak tumor itu, dan juga jika ganas dokter saya tdk menjelaskan seberapa ganas.
tapi beliau awalnya menyarankan kemo, tapi setelah hasil lab dan usg saya keluar, beliau menyarankan radioterapi saja.
lantas, seberapa ganas tumor yang ada? apakah saya harus melakukan biopsi lagi?

#2

Hi sobat sehat,
Baiknya tanyakan langsung dengan dokter yang merawat anda terkait ganas atau tidak, karena kajian menyeluruh selain pemeriksaan penunjang dan hasil biopsi menjadi dasar tambahan akan hasil pemeriksaan menyeluruh dan hasil observasi selama ini. 
Perlu diketahui bahwa terkait ganas, tidak ada ukuran seberapa ganas. Namun yang perlu anda tanyakan adalah dari keadaan anda, masuk stadium berapa.
Semoga memberi pencerahan

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.