cara mengatasi untuk bisa lebih konsentrasi dan tidak mudah lupa

malam dok, saya berusia 19 thn dan saya seorang mahasiswa, sejak saya SMP saya susah untuk berkonsentrasi dan mudah lupa, namun semakin saya besar hingga saya sekarang kuliah, lupa saya sering terjadi, bahkan aktifitas yang belum lama saya lakukan saya suka tidak ingat dan saya suka bingung mau ngapain jika ingin melakukan sesuatu karna lupa saya ini, kemudian saya semakin kesini juga daya konsentrasi saya semakin menurun,saya suka tidak bisa fokus diajak bicara dengan orang dan jika sedang di kelas juga karna saya mudah sekali melamun hingga akhirnya saya tidak bisa menyerap pelajaran di kelas, lebih parahnya lagi saya kalo sedang dijalan mau pergi fokus saya suka buyar(melamun) hingga akhirnya bukannya saya ke lokasi yang saya tuju malah saya balik kerumah lagi, dan itu saya tidak sadar selama diperjalanan mengendarai motor, saya mulai sadarnya waktu sudah sampai depan rumah atau tidak saat ada kendaraan lain mengklakson,hal ini sering sekali terjadi, teman saya suka menegor saya karna kebiasaan saya yg mudah sekali melamun dan saya juga merasa akhir2 ini fikiran saya mudah sekali tersinggung atau berprasangka buruk ke orang lain sampai saya sempat memiliki niat tidak ingin bergaul dengan siapa-siapa, padahal dulu saya mudah sekali dekat ke orang yg baru ataupun lama saya kenal, saya merasa terganggu dengan keadaan saya sekarang ini dok, saya ingin seperti dulu. untuk mengatasinya saya harus bagaimana? apakah ada solusinya? terimakasih dong maaf jika banyak sekali keluhannya

1 Jawaban Dokter

halo sobat Iis,
kesulitan konsentrasi yg anda alami tentunya sangat mengganggu aktivitas anda sehari2. penyebab dari masalah sulit konsentrasi beragam, dapat terkait kurangnya istirahat, stress tertentu, dan dapat pula terkait masalah sistem persarafan pusat. apakah anda pernah mengalami riwayat cedera/trauma sebelum mengalami keluhan ini? adakah stress/masalah tertentu yg anda alami sebelumnya? berdasarkan keluhan yg anda alami, tampaknya sangat mengganggu, sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter mengenai keluhan yg anda alami sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta memperoleh solusi dan tata laksana yg sesuai. demikian penjelasannya, semoga bermanfaat.

#1
  1. sebelumnya saya tidak mempunyai riwayat cedera ataupun trauma, awalnya saya menganggap lupa dan susah untuk konsentrasi ini hal yang wajar, namun ternyata makin kesini malah semakin parah dan sering, untuk berkonsultasi kira-kira saya harus konsultasi ke dokter bagian apa ya dok?
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.