sakit luar biasa menjelang menstruasi pasca kuret

Siang Dok, istri saya mengalami kuret dibulan September 2016, Dokter bilang ada sisa yang tidak dapat dikeluarkan, karena apabila dipaksa dinding rahim dapat robek. saya tanyak kepada dokter tersebut, apakah berbahaya?, apakah dapat membesar ??, beliau menjawab tidak, dengan berjalannya waktu benda kecil itu hilang sendiri.
kini setelah kuret, setiap 2 atau 3 Hari mau menstruasi istri saya mengalami sakit yang begitu sakit, sampai mau pingsan, beberapa hari kemarin kami coba USG kembali ternyata sisa belum hilang, dokter menyarankan untuk kuret ulang atau memasukan kamera,.
pertanyaannya..
1. apa sebenarnya benda kecil itu ?
2. apa kah benda kecil itu yang menyebabkan sakit sebelum mens ?
3. berbahayakah jika ingin mencoba program anak sebelum benda itu hilang terlebih dahulu?

mohon solusinya dok,. terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 18/01/2017
Public

Selamat siang sobat,
tindakan kuretase merupakan tindakan membersihkan jaringan-jaringan disekitar rahim, tindakan ini biasanya dikerjakan pada kondisi janin yang tidak berkembang.
Tindakan kuretase bukanlah tindakan yang tanpa risiko, apabila mengkerok jaringan terlalu dalam dapat terjadi robekan dan membuat pendarahan yang hebat.
Menstruasi merupakan siklus yang dialami tiap bulan oleh seorang wanita, keadaan ini terjadi ketika terjadi peluruhan pada jaringan rahim (endometrium). Apabila terdapat benda asing ato kelainan pada area tersebut, ditandai dengan keluhan nyeri yang hebat, dan kadang terjadi pendarahan yang banyak.
lebih disarankan untuk memprogram anak apabila keluhan telah mereda.
Untuk konsultasi lebih mendetail dan tindakan selanjutnya yang harus dilakukan. Sobat dapat berkonsultasi kepada dokter ahlinya, yakni dokter kandungan.
Semoga bermanfaat 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.