8 answer

hai sobat,
urin yang berwarna gelap dapat dipengaruhi oleh berbagai etiologi. kurang minum (dehidrasi) dapat membuat urin menjadi berwarna lebih pekat dan sedikit, sehingga jika mmg demikian penanganannya adalah dengan mencukupi asupan cairan, selain itu dapat pual disebabkan oleh infeksi. salah satunya infeksi hepatitis, dapat menyebabkan warna urin seperti air teh. seringkali disertai dengan warna tinja yg pucat, warna kulit dan mata kekuningan, lemas, disertai gejala sistemik lainnya, seperti demam. infeksi lainnya yg dapat pula menyebabkan urin warna gelap adalah infeksi saluran kencing. perlu diperhatikan juga riwayat adanya batu saluran kemih, ada nya darah, dan keluhan lain terkait saluran kencing seperti anyang2an, nyeri di bgn bawah perut/ di bgn pinggang. sebaiknya anda mengkonsulytasikan hal tsb untuk penanganan lebih lanjut, dan jika diperlukan pemeriksaan penunjang seperti urin lengkap. demikian jwb dari kami semoga bermanfaat.

#1

hi sobat,
sudah berapa lama keluhan anda rasakan?apakah anda sudah menjalani pengobatan untuk hepatitis A yg anda derita dan apakah sudah dinyatakan sembuh oleh dokter? hepatitis A disebabkan oleh infeksi virus dan penanganannya biasanya hanya bersifat simptomatik ( sesuai gejala),   setelah anda dinyatakan sembuh oleh, biasanya warna urin akan berangsur normal. perbanyak asupan air putih dan jaga kebersihan makanan untuk mencegah kekambuhan. demikian informasi dari kami semoga bermanfaat dan semoga anda lekas sembuh.

#3

hi sobat,
jika yg anda derita hepatitis B cenderung kepada penyakit kronis dan jika daya tahan tubuh menurun, dapat terjadi kekambuhan. sebaiknya anda tidak mengkonsumsi obat-obatan/ herbal tertentu tanpa mengkonsultasikannya ke dokter karena dikhawatirkan dapat memperberat fungsi hati anda. kurangi juga aktivitas yg berat karena dapat mempengaruhi kondisi tubuh anda dan pemulihannya. demikian, semoga bermanfaat.

#6
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.