Persiapan Kehamilan ke-2

Dok, saya baru saja melahirkan tgl 26 Nov 2016. Akan tetapi bayi saya meninggal pasca operasi pemasangan sten tgl 26 Des 2016. Bayi saya di diagnosa memiliki kelainan klep jantung bawaan (tricuspid atresia)

Bayi saya lahir lewat persalinan normal 39w6d berat 3.5kg panjang 51cm. Semasa hamil saya hanya vaksin TT saja itupun baru 2x. Saat hamil, saya tidak mengidap sakit tertentu seperti panas tinggi dll.

Apakah ada makanan atau suplemen tertentu untuk persiapan kehamilan ke-2 saya supaya organ jantung bayi saya lebih sehat. Atau saya perlu vaksin tertentu dok, sebelum kehamilan terjadi?

Kira-kira jangka waktu untuk rahim saya recovery pasca persalinan brp lama dok baiknya? terima kasih dokter.

1 Jawaban Dokter

Selamat sore ibu, saya turut bersimpati atas kepergiaan buah hati ibu dan sangat mengerti akan harapan ibu untuk mencegah hal tersebut. sayangnya, hingga saat ini belum ada cara untuk mencegah kelainan pada janin. mayoritas kelainan genetik saat ini belum bisa dicegah. kemajuan didunia medis hingga saat ini baru pada tahap deteksi dini, dimana saat awal kehamilan, kode genetika bayi dapat diperiksa dan bisa dilihat ada tidaknya gangguan genetik pada janin ibu. Itupun tidak selalu menjamin gangguan genetik tersebut ditemukan karena variasinya banyak sekali.  Saya paham sekali dengan keinginan ibu untuk mencegah kehamilan berikutnya bermasalah seperti saat ini, namun sayangnya kemajuan dunia pengetahuan belum bisa mencegah kelainan genetik, saat ini dunia baru sampai tahap deteksi dini (mengetahui lebih awal) tanpa ada pengetahuan untuk mencegah ataupun mengobati kelainan genetik. Hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah kelainan genetika pada janin. sedikit sekali kelainan pada janin yang bisa dicegah.  Anjuran saya adalah bangkit kembali, berusaha kembali dan berdoa, berharap agar kehamilan berikutnya datang dan berakhir dengan baik, ibu dan bayi sehat. semoga bermanfaat. salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.