bagaimana cara anak saya bisa bicara lancar

dokter saya mempunyai anak perempuan berumur 2 tahun. tapi belum bisa bicara dengan lancar. anak saya hanya bisa berbicara : ayah,iya,gak,itu dan ini.
pada waktu dia lahir,dia tertelan air ketuban sampai penuh mulutnya tp bisa tersedot dan diberi obat,dan anak saya tidak menangis sampai 5 menit dan diberi tindakan infus / oksigen sehingga bisa nangis.apakah ini penyebabnya anak saya terlambat perkembangannya. mohon informasinya lebih lanjut terimakasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 15/12/2016
Public

Hi Sobat, 
Kejadian diawal kelahiran dan tindakan resusitasi untuk menyelamatkan jiwa anak anda mungkin bisa menjadi salah satu penyebabnya, akan tetapi perlu diperhatikan pula banyak penyebab lainnya termasuk stimulus seperti ajakan berbicara dilakukan atau tidak serta adanya riwayat keterlambatan bicara di salah satu anggota keluarga kalian karena bisa saja hal ini merupakan faktor genetik? Dan bila sudah menginjak usia 2 tahun memang ada baiknya dibawa ke dokter spesialis tumbuh kembang anak untuk dapat dilakukan assement secara menyeluruh dan dilakukan terapi wicara agar dapat mengatasi masalah keterlambatan bicara yang dialaminya.
Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.