8 answer

Staff 13/12/2016
Public

Halo Sobat,
Depresi adalah gangguan mood yang dapat mempengaruhi perasaan, cara berpikir, dan interaksi penderita dengan orang lain. Pada kasus-kasus yang lebih berat, depresi dapat mempengaruhi kesehatan dan mengganggu sistem imun tubuh karena penderita kehilangan dorongan untuk mengurus diri dengan baik. Penting untuk diingat, bahwa depresi dapat terjadi pada semua usia dan dapat ditangani, apalagi jika dikenali pada stadium awal.
Jika Sobat mencurigai diri sendiri atau orang di sekitar Sobat mengalami depresi, sebaiknya Sobat berkonsultasi ke dokter untuk memastikan diagnosis dan memuali terapi jika dibutuhkan.
Semoga jawaban ini dapat membantu.

#1

Apakah depresi bisa smbuh total?
Saya sendiri yg menderita depresi. Tidak diberi obat sudah konsul ke banyak psikiater.. mereka bilang anda bs mengatasi sendiri. Karena ada kemauan. Ttp susahnya untuk berfikr positif

#2
Staff 13/12/2016
Public

Halo Sobat,
“Sembuh total” pada kasus depresi sangatlah bergantung pada tingkat depresi Sobat dan tujuan terapi yang Sobat putuskan bersama dengan psikiater Sobat. Pada umumnya tujuan terapi adalah untuk mengembalikan rasa aman dan nyaman sehingga Sobat dapat beraktivitas seperti biasa.
Terapi depresi, seperti banyak gangguan mental lainnya, dapat menggunakan obat-obatan dan/atau psikoterapi. Untuk kasus-kasus awal, psikoterapi adalah pilihan utama. Perlu diingat bahwa psikoterapi membutuhkan hubungan kerjasama yang baik antara pasien dan psikiater agar dapat mencapai target yang diinginkan. Saran saya Sobat coba mencari psikiater yang dirasa cocok untuk mendampingi Sobat dalam proses psikoterapi tersebut.
Semoga jawaban ini dapat membantu.

#3

Trimakasih dokter nnti saya akan coba menjalankan teraphy. Sebenarnya dari pihak psikiater dan psikolog tidak memberikan teraphy kusus seperti obat / teraphy ttp teraphynya hanya olahraga, positif thinking dan bbrpa relaksasi yg dianjurkan. Spertinya mmg yg paling utama dari dalam diri sndri. Trims atas wktunya dok.

#4
Staff 13/12/2016
Public

Halo Sobat,
Memang untuk pulih dari depresi yang paling penting adalah kemauan dari diri sendiri, tapi mungkin lebih mudah jika ada yang mendampingi selama proses tersebut. Semoga Sobat dan psikiater dapat memutuskan langkah yang paling tepat untuk membantu Sobat.
Semoga cepat sembuh.

#5

Satu lagi yg ingin saya tanyakan dok.
Saya udah bbrpa kali cek jantung dan hasilnya tdk apa cek apa saja pkoknya gppa. Tp kenapa ya dok kalau habis tiduran lalu bangun kepala dikit gliyeng dan jantung kerja agak keras tp abis itu ilang. Normal lg. Kadang deg deg an tapi kalau relaksasi mendingan. Habis sholat sujud terus berdiri juga deg deg gitu keras tapi habis itu normal lagi. Apa itu pengaruh depresi juga? Atau tekanan darah rendah ?

#6
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.