gerd kambuh lagi

selamat pagi dok, saya penderita gerd sudah sebulan belakang. penyakit saya sudah berangsur membaik dan jarang kambuhnya. Kemarin saya coba makan durian sekitar 6 biji dan saya makan mie pedas korea samyang. Awalnya memang tidak apa apa, malam tadi baru terasa lambung kiri terasa ditusuk tusuk tp tidak terlalu sakit, dada saya berdebar tapi tidak nyeri, hawa badan rasanya panas berkeringat terus, tidur gelisah karena kepanasan. dada saya juga panas sampai kerongkongan. dan tadi pagi baru terasa mual tapi tidak sampai muntah.
apakah gerd saya kambuh lagi dok? sebenarnya berapa jarak antara makan durian dengan mengkonsumsi obat yg benar dok? karena saya takut masih ada durian di lambung saya.
apakah dada berdebar dan panas di badan saya karena gerd saya kambuh?
apakah saya perlu mengkonsumsi lagi lansoprazole dan inpepsa karena saya tidak minum obat itu lagi sudah 2 minggu dan hanya mengkonsumsi magalat.
dan bagaimana aturan minum 3 obat tersebut apakah boleh di gabung? karena saya baca penyerapan lansoprazole bisa terhambat oleh magalat
terima kasih dok

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
Perlu Sobat ingat, bahwa orang-orang yang sudah terkena gangguan pencernaan seperti sakit maag ataupun GERD, tidak bisa hanya dengan minum obat-obatan lalu terbebas dari kekambuhan jika gaya hidup dalam hal ini pola makan tidak dijaga. Dari penjelasan dan paparan Sobat di atas jelas bahwa durian merupakan salah satu makanan dengan gas yang cukup tinggi dan dapat membuat asam lambung menjadi naik, sama halnya dengan makanan pedas. Untuk sementara, Sobat bisa mengkonsumsi obat-obatan yang seudah pernah diresepkan oleh Dokter sebelumnya. Namun jika keluhan masih terasa ada baiknya Sobat berkonsultasi kembali ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk dievaluasi kembali dan dapat diberikan terapi yang sesuai.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat =]

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.