obat tekanan darah tinggi

dok sy laki2 berusia 35 thn, akhir akhir ini kalau sy mau ridur sy sering merasakan pusing dan sedikit mual jd sy coba cek tekanan darah sy adalah 150/100, skrg sy mengkonsumsi obat amlopidin 10 mg, masalhnya sampai sekarang kalau mau tidur ay msh tetap merasa pusing, kira2 obat apa ya dok cocoknya sy minum?

1 Jawaban Dokter

Staff 06/12/2016
Public

Halo Sobat,
Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah tekanan darah sistolik lebih dari 139 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 89 mmHg. Hipertensi dapat dibagi menjadi hipertensi primer (bawaan) dan sekunder (misalnya sebagai akibat dari penyakit lain), dan pengobatan yang diberikan harus disesuaikan dengan penyebabnya. Obat yang diberikan dapat merupakan obat tunggal maupun kombinasi, tergantung dari respon masing-pasing pasien. Amlodipine bekerja dengan mengeblok kanal kalsium sehingga menyebabkan relaksasi otot dinding pembuluh darah sehingga tekanan di dalam pembuluh darah menurun. Sebaiknya Sobat mencatat tekanan darah secara teratur selama mengkonsumsi obat tersebut, dan membawa catatan itu saat berkonsultasi dengan dokter agar dokter dapat mengevaluasi respon Sobat dan memberikan terapi yang tepat.
Penanggulangan hipertensi tidak hanya dengan obat-obatan, namun juga dapat dibantu dengan perubahan gaya hidup seperti penurunan berat badan dan pembatasan asupan garam. Coba diskusikan dengan dokter perubahan gaya hidup seperti apa yang cocok dengan kondisi Sobat.
Semoga jawaban ini membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.