efek konsumsi xenocy selama 1 tahun

anak saya umur 8 tahun didiagnosa ADHD oleh Psikiatri. Dia bukan anak yang hiperaktif, dia kurang konsentrasi dalam mengerjakan tugas–tugas sekolahnya, dia baru bisa konsentrasi apabila mood dan suasana mendukung, seperti belajar di rumah hanya berdua bersama saya ibunya, ataupun pada waktu les privat. Kalo belajar bersama, dia lebih banyak melamun dan memperhatikan sekelilingnya.akhirnya nilainya banyak yang jelek, bahkan sering dapat nol dan menjadi bahan ejekan temannya. Sekarang dia menjadi anak yang minder, saya baru menyadarinya apabila disuruh tampil di muka umum, dia selalu minta saya temani. Iqnya diatas rata2, 109. oleh dokter diberi obat xenocy dan sudah hampir 1 tahun ini. apabila saya hentikan konsumsinya, apakah ada efek sampingnya? mengingat tidak ada perkembangan yang signifikan dari obat tersebut dan akan saya ganti obat herbal. mohon penjelasannya

1 Jawaban Dokter

Hi sobat sehat , 
Yang pertama perlu dipahami bahwa keadaan anak anda spesial , dimana keadaan tersebut bisa berlangsung seumur hidup anak anda . 
Obat yang dikonsumsi membantu mengontrol gejala yang berlebihan sehingga membantu dalam keseharian. Obat tersebut tidak berfungsi menyembuhkan , namun sangat diperlukan untuk mengontrol keadaaan agar tidak lebih buruk . Jadi anda harus menyadari dan tidak bisa berharap akan kesembuhan total.
Jika dihentikan maka gejala yang berlebih bisa muncul dan apa yang diusahakan selama ini bisa menjadi sia – sia. 
Penggunaan herbal sangat tidak disarankan . Hingga saaat ini tidak ada yang terbukti secara ilmiah mampu menggantikan untuk membantu mengontrol dari sesuatu yang bersifat herbal .
Yang perlu bunda lakukan adalah kontrol secara rutin ke dokter yang selama ini merawat anak anda agar penggunaan obat bisa disesuaikan dengan keadaan terakhir atau perkembangan.
semoga memberi pencerahan
dr.Marshell TH

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.