gatal-gatal pada anak , biduran

anak laki usia 6 tahun tujuh bulan, berat 18.5 kg , sudah 2 tahun tidak bertambah malah turun dari 21 kg, gejala gatal2 di badan disertai benjolan seperti pulau2, sejak seminggu terakhir ynag mungkin disebabkan alergi, sudah pernah tanya dokter, diganti susu pakai susu soya masih tetap batuk dan ada gatal2 jika minum melebihi 1 botol susu soya. makanan pengganti apa yang cocok untuk anak tumbuh kembang? selain itu apa yg harus dilakukan selain test alergi?

1 Jawaban Dokter

sepertinya anal ibu memang alergi bu. nah alerginya harus dicari bu. ibu harus perhatikan munculnya kapan. test alergi boleh dilakukan bu. selain itu bisa lakukam eliminasi dan provokasi bu. Dari berbagai jenis makanan yang ada yang paling sering menimbulkan alergi adalah susu sapi, telur, seafood, dan kacang-kacangan. tetapi tidak menutup kemungkinan anak alergi terhadap makanan lain, misalnya ayam, pepaya, dan semua makanan bisa berbeda-beda reaksinya terhadap seorang anak. bila hipersensitif maka disebut alergi. bagaimana cara mencari taunya?

Uji untuk mengetahui anak alergi makanan tertentu atau tidak paling baik melalui avoidance dan challange bu. jadi pertama ibu bisa coba dengan menghindari makanan yang ibu curigai selama 1 bulan. Bila gejalanya menghilang, kemudian setelah 1 bulan dicoba lagi berikan makanan tersebut. bila gejalanya muncul kembali maka confirmed anak ibu alergi makanan tersebut. atau bisa juga ibu cek darah Ig E rast terhadap yang ibu curigai tetapi harganya cukup mahal.

kapan ibu curigai, misalnya gejala batuk memberat setelah anak makan dingin, atau minum susu sapi, atau muncul manifestasi alergi bentuk lain seperti merah-merah atau bisul.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.