Warna hitam yang mengganggu

Maaf, Dok Saya Mau bertanya. Saya dulu pernah menderita gatal – gatal di selakangan, awalnya Saya tidak menghiraukannya, Saya hanya mengatasi gatalnya dengan di garuk saja, tapi lama kelamaan gatal Saya malah semakin menjadi jadi makin melebar Dan luas areanya. Hingga ke Maaf bagian atas pantat Saya, tapi setelah Saya obati dengan salep miconazole gatalnya sembuh, tapi meninggalkan bekas hitam di area gatalnya tadi.
Hal INI sangat mengganggu Saya shingga membuat Saya tidak percaya diri,misal : Saya kan laki-laki saat berenang Saya tidak Mau lepas Baju, karena kalau Saya lepas Baju warna hitam bekas gatal tadi akan terlihat sebagian.

1. Jadi pertanyaan Saya adalah Bagaimana cara menghilangkan warna hitam di kulit bekas gatal yang tadi..Dan butuh waktu berapa lama..?
2. Dan menghabiskan Dana berapa..?

1 Jawaban Dokter

Selamat pagi sobat,
Saya akan membantu menjawab pertanyaan sobat,
Keluhan yang sobat alami yaitu bergejala gatal-gatal di daerah selangkangan dan menyebar ke daerah yang lain umumnya disebabkan oleh infeksi jamur. Jenis jamur yang menyerang biasanya bernama tinea. Daerah selangkangan dipilih menjadi daerah yang diserang karena tempatnya yang tertutup dan relatif lembap. Infeksi jamur ini biasanya menyebabkan rasa gatal dan perubahan kulit menjadi warna merah. berikut ini langkah-langkah yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi infeksi jamur pada daerah selangkangan: 1) menurunkan berat badan 2) tidak menggunakan celana yang ketat 3) mengeringkan daerah selangkangan secara sempurna setelah mandi 4) sebaiknya area gatal tidak digaruk. Apabila digaruk dapat menyebabkan pendarahan dana dapat menyebabkan timbulnya infeksi di daerah tersebut. Infeksi ini dapat memperaparah kondisi. Selain itu, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan. Dokter akan mengambil sampel juga dari daerah selangkangan. Apabila memang disebabkan oleh jamur, dokter akan memberikan obat-obatan anti infeksi jamur seperti ketokonazol atau griseofulvin. Sebaiknya sobat mengkonsumsi obat-obatan tersebut sesuai dengan anjuran dokter. Apabila gejala tidak membaik dalam tiga minggu, sebaiknya sobat kembali ke dokter. Bekas dari kasus jamur di kulit ini memang sulit untuk dihilangkan. Bekas ini akan hilang sendiri sebetulnya, namun membutuhkan waktu yang lama. Yang penting dilakukan adalah mencegah timbulnya jamur lagi. Timbulnya jamur lagi akan memperlama proses penyembuhan. Semoga jawaban dapat membantu sobat 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.