Apakah saya terkena ISK, kanker ato hernia?

4 bulan yang lalu saya mengalami masalah saat Buang Air Kecil (BAK) trutama intensitasnya lebih banyak dan nyeri di akhir BAK dan nyeri bagian bawah perut (Kejadian ini sy alami sesaat sehabis mengangkat beban berat dok). Dari Pemerikasaan USG dinyatakan tidak ada kelainan abdomen bawah & kemudian dilanjutkan diagnosa dokter yg menyatakan terkena ISK.

Setelah minum obat dalam 3X resep keluhan sy khususnya saat BAK sudah tidak nyeri tp masih terasa ada yang netes di CD setelah selesai, untuk nyeri bagian bawah perut masih terasa sehabis melakukan aktivitas berat atau duduk lama, dan barusan saya cek rupanya skrotum kanan saya mengalami pembengkakan yang bersumber di atas skrotum kanan ( jika sy raba & tekan sperti ada otot di dalamnya) sementara di kulit skrotum terlihat urat agak kemerahan jika dibandingkan dengan sebelah kiri.
Oh iya dok sy juga merasa perut saya sering berbunyi baik dalam keadaan lapar maupun tidak, lebih2 saat tiduran, jika saya tiduran miring ke sebelah kanan perut sy bunyi, nanti ketika tiduran saya balik miring ke sebelah kiri kembali berbunyi lg.

Saat saya cari2 informasi lewat internet sepertinya gejala yg saya alami merupakan gejala dari beberapa penyakit sperti pembesaran prostat, hernia, dan kanker testis.

Yang mau saya tanyakan dari gejala tersebut lebih condong ke penyakit yang mana yang saya derita dok? Jika sy mau periksa sebaiknya ke dokter bedah atau ke spesial urologi? Terima kasih atas jawabannya.

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
Nyeri perut bawah disertai dengan buah zakar yang besar bisa diakibatkan oleh beberapa kemungkinan seperti hidrokel (testis terisi cairan), hernia (usus turun ke buah zakar), ataupun perbesaran kelenjar prostat ataupun tumor. Tentu saja untuk mengetahui penyebab pasti Sobat perlu berkonsultasi lebih lanjut ke Dokter Spesialis Urologi agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lanjutan dan dapat diberikan terapi yang sesuai.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat =]

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.