Susah buang air besar

Anak perempuan saya usia 3 tahun 21 hari, bb 13kg. Selalu susah dalam buang air besar, tinja nya keras dan buang air besar jadi tidak teratur. Saya sudah ganti susu formula berkali2 tetapi masih saja seperti itu, namun untuk susu formula yg sekarang sedang anak saya konsumsi dapat membantu si kecil untuk buang air besar meskipun tinja nya msih keras tp dia ttp bisa mengeluarkannya tanpa sakit seperti sebelum2nya. Apa yang terjadi pada anak saya? Dan Apa yg harus saya lakukan? Terimakasih

1 Jawaban Dokter

Pertama-tama untuk bisa BAB dengan lancar perlu keseimbangan antara jumlah makanan, jumlah serat, jumlah cairan atau air putih dan toilet training.

Berarti ibu perlu menelaah jumlah makanan, jumlah serat, dan jumlah cairannya serta mencari apakah ada makanan tertentu yang anak ibu alergi. dan jangan lupa lakukan toilet training pada anak ibu. bila masih belum teratur, coba tambahkan obat probiotik 1x/hari bu. bila masih belum bisa juga, sebaiknya ibu ke dokter anak ahli pencernaan untuk diberikan obat untuk melancarkan BAB dahulu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.