pagi Dokter

Pagi Dokter..
Saya Kurni, mau tanya tgl 01 Nopember 2016, saya melakukan Mammography mmae dextra et sinistra: semua Normal
sedangkan hasil USG Mammae: Tampak lesu hipoechoic, bentuk oval, paralel dengan kulit, batas tegas, tepi reguler, didnding tipis pada arah jam 11-12 quadran upper outer mammae dextra dengan jarak + 2.5 cm dari nipple ukuran + 0.43 x 0.69 x 0.29 cm
Kesan: – Komponen Fibroglanduler mammography : heteregenous dense (mammography category C)
– Lesi hipoechoic mamma dextra sugestif fibroadenoma mammae (BIRADS category 2)

Bisa dijelaskan maksud dan tindakan yang harus saya lakukan Dokter? Terima kasih sebelumnya Dokter

1 Jawaban Dokter

Staff 22/11/2016
Public

Hi Sobat, 
Berikut adalah penjelasan singkat mengenai fibroadenoma, yang merupakan salah satu jenis tumor jinak paling umum di payudara yang mudah bergeser saat disentuh. Fibroadenoma memiliki bentuk teratur padat dengan konsistensi kenyal ataupun keras dan teraba permukaannya licin.
Pada dasarnya fibroadenoma tidak memerlukan pengobatan. Demi menghilangkan rasa cemas, beberapa wanita yang memilih jalan operasi untuk menghilangkan benjolan fibroadenoma. Akan tetapi biarpun telah diangkat, fibroadenoma masih bisa muncul kembali. Oleh karena itu diperlukan pemeriksaan fisik dan tes biopsi untuk memastikan benjolan tersebut adalah fibroadenoma atau kanker.
Perlu dijadikan pertimbangan pula bahwa benjolan fibroadenoma bisa mengecil atau menghilang dengan sendirinya terlebih bila disebabkan karena faktor hormonal. Selain itu, operasi bisa mengubah bentuk dan tekstur payudara. Namun, Anda harus melakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui apakah terdapat perubahan ukuran atau bentuk benjolan. Oleh karena itu rutinlah melakukan kontrol dengan dokter yang menangani anda minimal 6 bulan sampai 1 tahun sekali dan lebih sering bila merasakan keluhan yang mengkhawatirkan.
Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.