Batuk setiap hari menjelang tidur dan bangun tidur

Anak laki2 saya usia 4,5 th sering batuk setiap hari, terutama menjelang tidur dan bangun tidur. Setiap habis makan makanan yg manis2 seperti coklat, atau yg mengandung msg pasti trs batuknya kumat. Batuknya tanpa demam, kdg muncul ingus dipagi hari dan bersin2 dipagi hari. Apakah anak saya alergi trhadap makanan yg mengandung pemanis, msg, pengawet dok? mohon penjelasannya. Tmksh

1 Jawaban Dokter

anak ibu jelas alergi, kemungkinan bisa ada bakat asma bu (saya tidak periksa langsung). untuk mengetahui apakah anak alergi suatu makanan perlu dilakukan suatu uji. Dari berbagai jenis makanan yang ada yang paling sering menimbulkan alergi adalah susu sapi, telur, seafood, dan kacang-kacangan. tetapi tidak menutup kemungkinan anak alergi terhadap makanan lain, misalnya ayam, pepaya, dan semua makanan bisa berbeda-beda reaksinya terhadap seorang anak. bila hipersensitif maka disebut alergi. bagaimana cara mencari taunya?

Uji untuk mengetahui anak alergi makanan tertentu atau tidak paling baik melalui avoidance dan challange bu. jadi pertama ibu bisa coba dengan menghindari makanan yang ibu curigai selama 1 bulan. Bila gejalanya menghilang, kemudian setelah 1 bulan dicoba lagi berikan makanan tersebut. bila gejalanya muncul kembali maka confirmed anak ibu alergi makanan . atau bisa juga ibu cek darah Ig E rast terhadap yang ibu curigai tetapi harganya cukup mahal.

kapan ibu curigai, misalnya gejala batuk memberat setelah anak makan dingin, atau minum susu sapi, atau muncul manifestasi alergi bentuk lain seperti merah-merah atau bisul.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.