tentang anak

Pagi dok…anak saya bernama Bagas usia 3 thn….
Mau tanya dok:Saat ini anak saya serg BAB/PUP udh sktr 2 mggu an….
Pada awalnya anak saya sakit panas/demam tinggi+mencret,tpi oleh saya udh d bwa k dokter umum anak,d berilah obat antibiotik slma kurg lebh 3 harian,tpi tak kunjg sembuh,namun doktr brkta bhwa anak saya sakit \\"infeksi usus/lambung\\"….
Dan akhir nya saya dbwa lg k doktr untuk kontrol lg krna anak sya msh bolak-balik k kmr mndi tpi PUPnya udh tdk mencret lgi &panas nya udh normal lgi,kadg PUPnya sehari lbh dri 5x atau bhkn 8x…
Yang jdi pertanyaan dok:
1.Sbnrnya anak saya sakit apa shngga terus-menerus bolak-balik k kmr mndi??
2.Dri srgi makanan nasi,apakh hrs nasi lembek atau nasi biasa,soalnya anak saya klo makan nasi ngga pernah d kunyah??
3.Tndkn apa lagi yg hrs sya lakukan selanjutnya,dok??
Mohon jawabn & penjelsannya dok,trma kasih…

7 answer

Staff 03/10/2016
Public

Hi Sobat, orang tuanya Bagas..
Memang anak dengan frekuensi BAB yang lebih dari 3x sehari seperti anak anda perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan ada tidaknya kelainan organ ataupun kelainan fungsional lain dari sistem pencernaannya, selain itu juga faktor cara makan yang tidak dikunyah mungkin dapat menjadi salah satu penyebabnya. Akan tetapi alangkah lebih baiknya bila anda bisa memeriksakan anak anda dengan dokter spesialis anak terlebih baik bila ada subspesialisasi gastroenterologi anak di kota anda agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diketahui penyebabnya kondisi yang dialami anak anda. Cobalah juga memperbaiki penyerapan usus anak anda dengan memberikan suplementasi zink serta tambahan yogurt untuk meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus agar proses pencernaan lebih dapat berjalan dengan baik. Dan yang terpenting asupan cairan dan makanan harus memenuhi pola gizi seimbang ya, agar pertumbuhan dan perkembanganya tidak mengalami hambatan.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1

owh gtu dok,iya maksh…
klo tntg makan nasinya gmna dok?hrs nasi lembek atau nasi biasa??
trus dok saat ini anak say BB 12,6 kg dan TB 88 cm,itu trmsuk normal ngga??
Dok klo trllu serg d kasih yakult tiap hri apa bolh tdk?tpi sya mmbrinya sehari 1 botol…

#2
Staff 03/10/2016
Public

Bila kemampuan mengunyahnya belum terlatih memang sebaiknya nasinya lebih lembek, akan tetapi tetap harus dirangsang dan dilatih terus kemampuan mengunyahnya contohnya dapat memberikan buah potong yang dapat dipegang sendiri dan contohkan bagaimana cara mengunyah makanan, usia 3 thn dengan berat dan tinggi badan seperti anak anda masih dalam batas normal hanya mendekati garis kuning tampaknya bila dilihat kembali ke KMSnya..oleh sebab itu dengan memperbaiki sistem cernanya semoga tidak terjadi keterlambatan pertumbuhan dan juga perkembangan anak anda, untuk konsumsi yogurt 1x sehari tidaklah masalah dan tambah pula asupan sayur dan buah yang kaya akan serat.
Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu

#3

Pagi dok….maaf ganggu…
Mau tanya dok,sya kan skrg lg pasg KB IUD,klo mau program ank yg k-2,d bka KB\\'y hrs brpa thn?sy d KB ambil yg 5 thn dok…
Trus dri hmil yg pertma sya pnya riwat keguguran trus,kta doktr kandungn ada virus shngga sy d cek lab.darah…
Yg jdi pertanyaan klo sya mau hamil lg hrs cek ulang lg k lab ngga dok??
Mohon jwbn & pnjlsannya trma kasih..

#7
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.