Varikokel dan penangannya

Salam,
Selama 3 minggu terakhir, saya merasakan nyeri di sekitar kelamin pada saat-saat tertentu. Dan, seminggu kemarin berobat ke urologi dan disarankan USG. Hasilnya menurut dokter adalah varises tahap awal. Obat yang diberikan adalah catafalm dan nu-fit.
-Apakah gejala varises atau mungkin varikokel ini dapat sembuh atau minimal nyeri hilang?
-Perlu berapa waktu untuk menghilangkan rasa nyeri penyakit ini?
-Pengobatan apa untuk jenis varises (tahap awal) ini selain bedah? Atau apakah ada jenis obat apa yg tepat untuk penyakit ini?
-Dan, kapan atau gejala yg bagaimana harus dibedah?
-Serta apa ada efek samping jangka panjangnya setelah bedah?

Terimakasih dokter.

1 Jawaban Dokter

Staff 01/10/2016
Public

Hi Sobat, 
Pertanyaan anda cukup detail dan sistematis ya, memang kondisi varikokel tahap awal sebaiknya memang segera ditangani secara medis dan dilakukan pemeriksaan lanjutan agar nantinya dokter yang menangani anda dapat menentukan tindakan medis apa yang terbaik dan tepat untuk kondisi yang anda alami, selain itu juga rutinlah melakukan kontrol serta minumlah obat yang sudah diberikan untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang anda hadapi. Untuk memastikan apakah perlu tindakan bedah atau tidak, pemeriksaan penunjanglah seperti USG yang menjadi bagian terpenting untuk menentukan tindakan medis apa selanjutnya yang terbaik untuk anda.
Semoga bermanfaat dan salam sehat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.