3 answer

Staff 30/09/2016
Public

Sore Sobat,
Keputihan ada yang normal (bukan penyakit) dan ada pula yang tidak normal (disebabkan penyakit). Keputihan yang normal bercirikan warna putih-bening, bentuk seperti lendir encer hingga seperti ingus kental, tidak berbau busuk, tidak membuat gatal ataupun nyeri, dan tidak membuat perubahan kulit pada daerah selangkangan (misalnya bengkak, luka, ada benjolan, dll). Keputihan yang normal ini biasa terjadi pada masa subur (sekitar 2 minggu sebelum haid) dan beberapa hari setelah selesai haid (bisa berupa “flek” darah). 
Adapun keputihan yang tidak normal bisa disebabkan karena banyak hal, antara lain infeksi jamur, kondisi lingkungan dalam vagina yang kurang seimbang, dan sebagainya. Menggunakan sabun sirih, sabun antiseptik atau vaginal douche untuk mencuci liang dalam vagina juga harus dihindari karena dapat menyebabkan keputihan yang semakin parah. Mandi perlu dilakukan 2x sehari dan setiap kali mandi perlu mengganti celana dalam agar kondisi selangkangan tidak lembap. Untuk membedakan apakah keputihan normal atau tidak, dan bagaimana cara penanganan yang tepat, Sobat perlu memeriksakan diri secara langsung dengan dokter/ dokter kandungan. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Staff 30/09/2016
Public

Sore Sobat,
Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, antara laininfeksi jamur, bakteri dalam vagina yang kurang seimbang, dan sebagainya. Untuk memastikan apa penyebabnya, dan bagaimana cara penanganan yang tepat, Sobat perlu memeriksakan diri secara langsung dengan dokter/ dokter kandungan — tidak bisa online saja. Semoga saran ini membantu Sobat

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.