Nyeri pada biji pelir sebelah kanan dan ujung penis

Salam,

Dok. 2 hari lalu pkl. 02.00 dini hari saya merasakan nyeri luar biasa pada biji pelir saya yang sebelah kanan, nyeri tersebut diawali dengan rasa nyeri ringan pada ujung penis 1 jam sebelumnya, saya pikir itu akan hilang dengan sendirinya jadi saya tidur seperti biasanya.. Sekitar pkl. 02.00 dini hari saya terbangun karena merasakan nyeri yang hebat pada biji pelir sebelah kanan. Setelah saya raba dan pegang tidak ada yang ganjil, bahkan ketika saya pegang tidak ada sensasi rasa nyeri atau sakit yang timbul karena sentuhan tangan itu, bahkan saya coba sedikit memijitnya. Rasa nyeri tersebut seperti murni dari dalam, nyeri tersebut terus berlanjut selama hampir 1 jam, setelah sekitar 30 menit merasakan nyeri pada biji pelir, ujung penis pun tiba-tiba ikut nyeri yang cukup mengganggu… Rasa nyeri berangsur-angsur berhenti setelah 1 jam dan ketika saya memposisikan berbaring dengan posisi agar biji pelir saya tidak terhimpit apapun atau dalam keadaan bebas, dan saya bahkan membuka celana dalam saya agar lebih nyaman.

Beberapa hari setelahnya, rasa nyeri masih muncul tapi tidak sehebat pada waktu itu, hanya saja lebih sering kepala penis yang perih…

Dok, saya membaca beberapa sumber dari mbah google, tapi saya sama sekali tidak menemukan jawaban yang memuaskan. Dan karena kesibukan saya belum sempat memeriksakan hal ini.

Yang ingin saya ketahui, apakah kondisi ini berbahaya? Obat apakah yang dapat saya konsumsi untuk menyembuhkan penyakit ini?

1 Jawaban Dokter

Staff 30/09/2016
Public

Sore Sobat,
Nyeri pada testis (buah zakar/ biji pelir) yang mendadak dapat disebabkan oleh berbagai hal, umumnya akibat posisi testis yang terpuntir di dalam atau adanya radang pada testis atau saluran kemih. Untuk memastikan apa penyebabnya, dokter perlu memeriksa Sobat secara langsung Рtidak bisa online. Oleh karena itu, Sobat sebaiknya memeriksakan diri secara langsung ke dokter (jika ingin langsung ke dokter spesialis, dapat langsung ke dokter spesialis urologi). Hal ini penting dilakukan, karena jika dibiarkan berlarut-larut tanpa ditangani, ada kemungkinan testis tersebut menjadi terganggu kemampuan produksi sperma (cairan mani) nya dan mengganggu kesuburan pria. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.