gatal gatal pada anak

usia omar (laki) 2tahun 8bulan, stlh mencoba gnti susu yg lebih mahal dr yg biasanya, mjd aering terkena virus/bakteri, pertama radang sampe benar2 parah, sminggu kmudian mata merah berhari2, lalu stlh sembuh selang bbrp hari timbul bentol gatal2 rata sebadan stlh bangun tdur, sblumnya anak saya tdk pernah ada riwayat alergi tp stlh saya coba mnum tiriz, bentolnya hilang, saya bingung alergi apa, krn kami mkn seperti biasa, smuanya biasa, tp stlh susu mahal ini dminum slama hampir 3minggu, anak sayapun jd sering sakit yg aneh2 termasuk alergi, apa bener ini anak saya alergi?

1 Jawaban Dokter

alergi sepertinya iya bu, tetapi alergi apa perlu dicari tau. apakah karena susu atau yang lain-lain perlu dicari tau. 
Dari berbagai jenis makanan yang ada yang paling sering menimbulkan alergi adalah susu sapi, telur, seafood, dan kacang-kacangan. tetapi tidak menutup kemungkinan anak alergi terhadap makanan lain, misalnya ayam, pepaya, dan semua makanan bisa berbeda-beda reaksinya terhadap seorang anak. bila hipersensitif maka disebut alergi. bagaimana cara mencari taunya?
Uji untuk mengetahui anak alergi makanan tertentu atau tidak paling baik melalui avoidance dan challange bu. jadi pertama ibu bisa coba dengan menghindari makanan yang ibu curigai selama 1 bulan. Bila gejalanya menghilang, kemudian setelah 1 bulan dicoba lagi berikan makanan tersebut. bila gejalanya muncul kembali maka confirmed anak ibu alergi makanan tersebut. atau bisa juga ibu cek darah Ig E rast terhadap yang ibu curigai tetapi harganya cukup mahal.
kapan ibu curigai, misalnya gejala batuk memberat setelah anak makan dingin, atau minum susu sapi, atau muncul manifestasi alergi bentuk lain seperti merah-merah atau bisul.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.