Kenapa bayi saya BAB terus menerus?

Dok, bayi saya berumur 2 bulan. Satu bulan belakangan ini, dia sering buang air sedikit-sedikit dan setiap pagi BAB dalam kapasitas banyak. Yang membuat saya heran adalah BAB yang sedikit-sedikit tersebut selalu keluar di sore hari. Warna BAB kuning dan kadang seperti biji begitu, saya sudah bawa ke dokter anak, tapi setelah minum obat tidak ada perubahan.

Sebaiknya apa yang bisa saya lakukan ya dok? Dan apakah akan berpengaruh pada pencernaan dan perkembangan badannya nanti.

1 Jawaban Dokter

Salam sehat,
Keluhan yang Ibu alami sangat sering terjadi dan menjadi pertanyaan pula bagi pasangan muda yang baru memiliki anak. Seiring bertambahnya usia, bayi baru lahir memiliki pola BAB yang bervariasi. Umumnya bayi akan buang air besar kurang lebih 2-5 kali sehari hingga ia berusia sekitar 6-8 minggu. Namun hal ini dapat bervariasi. Tinjanya akan berbentuk sama seperti sebelumnya, cair lunak seperti bubur dan dapat disertai “biji”. Warnanya pun bervariasi dari kuning hingga kuning kehijauan. Karena bayi terkesan sering BAB, maka tak jarang banyak ayah atau ibu yang khawatir bayinya diare. Bahkan beberapa bayi ASI akan BAB setiap kali selesai menyusu, seperti yang dialami pada anak ibu. Hal ini perlu menjadi perhatian karena salah satu manfaat ASI dari ribuan manfaat lainnya adalah ASI akan berfungsi sebagai laksatif atau obat urus-urus. Di awal bayi baru lahir hingga usia bayi 6-8 minggu, ASI akan membersihkan sistem pencernaan bayi saat ia masih di dalam rahim ibu. Inilah mengapa bayi ASI akan sering BAB. Namun demikian, jika keluhan berlanjut seiring dengan pertambahan usia bayi ibu, tidak ada salahnya untuk menghubungi dokter anak kembali. Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.