sesak nafas akibat kecelakaan

dok saya mw tanya kan saya waktu 8 blann lalu kecelakaan . nah skrg2 ini di dada nyut2an serasa di tekan dan sulit nafas panjang . saya cari2 di internet kemungkinan trauma dada, kalo benar demikian . ap yg saya lakukan dok ? saya masih berumur 23 dok … dan apkah berpengaruh pdahal kejadian.a sudah cukup lama dok .
Trimakasih dok …

2 answer

Staff 17/09/2016
Public

Selamat malam Sobat,
Kecelakaan yang Sobat alami sudah terjadi lama dan bila disebabkan oleh kecelakaan sudah akan terasa sesak sejak post kecelakaan. Untuk melihat apakah terdapat trauma dada harus melalui pemeriksaan rontgen pada dada untuk melihat apakah terdapat retak pada tulang sekitar dada. Rasa sesak juga bisa disebabkan oleh paru-paru maupun jantung. Sesak yang disebabkan oleh jantung biasa terjadi pada usia yang tua dan memiliki riwayat hipertensi yang lama. Sedangkan masalah di paru-paru bisa disebabkan oleh infeksi saluran nafas atau asma. Akan tetapi, untuk mengetahui penyebabnya harus melalui pemeriksaan langsung. Sebaiknya Sobat memeriksakan diri langsung ke dokter untuk mencari penyebab sesak pada Sobat dan melakukan pemeriksaan lanjut seperti rontgen bila diperlukan. 
Salam.

#1

iya dok di tambah lagi kalo tiba2 seperti panik gtu dok . nafas pendek pun serasa tidak ada udara yg masuk dok .. apakah itu slah satu efeknya dok kepanikan yg saya alami ?

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.