Gatal gatal pada anak, pake susu nutribaby yg allerpre

Anak laki2 usia 7 bulan, berat 8,2 panjang 71. Sejak umur 2 bulan kena eksim kulit. Skrang dah gak asi pake susu nutribaby allerpre. Trus sampe skrang masih suka timbul gatal2 di sekitar pipi, leher, tangan, dan kaki. Anak saya soya gak mau. Trus anak saya alergi apa dong? Dan bisa sembuh gak?

1 Jawaban Dokter

Alergi pada bayi banyak penyebabnya bu. apalagi anak ibu sudah usia 7 tahun, berarti sudah makan. Alergi bisa dari makanan, dari lotion, dari sabun, dari lingkungan, dll. untuk amkanan ada 4 yang paling banyak anak alergi yaitu yang terbanyak susu sapi, lalu telur, seafood, dan kacang-kacangan. tetapi tidak menutup kemungkinan anak ibu alergi lainnya juga. 
untuk kemungkinan alergi susu sapi, bila menggunakan allepre masih muncul dan tidak bisa dengan susu soya, berarti perlu menggunakan susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. Dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.
untuk makanan lainnya, untuk mengetahui apakah anak alergi terhadap makanan tertentu perlu dilakukan tes/uji terhadap makanan tersebut. Uji untuk mengetahui anak alergi makanan tertentu atau tidak paling baik melalui avoidance dan challange bu. jadi pertama ibu bisa coba dengan menghindari makanan yang ibu curigai selama 1 bulan. Bila gejalanya menghilang, kemudian setelah 1 bulan dicoba lagi berikan makanan tersebut. bila gejalanya muncul kembali maka confirmed anak ibu alergi makanan tersebut. atau bisa juga ibu cek darah Ig E rast terhadap yang ibu curigai tetapi harganya cukup mahal.
kapan ibu curigai, misalnya gejala batuk memberat setelah anak makan dingin, atau minum susu sapi, atau muncul manifestasi alergi bentuk lain seperti merah-merah atau bisul.
untuk alergi susu sapi, 80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.