Hamil tanpa rencana

Tanya dok, mohon jawaban.

saya pria usia 26 tahun, memiliki istri dan 2 anak.

1 tahun yang lalu istri saya melahirkan seorang anak laki2, selama sekitar 6 bulan saya libur berhubungan dengan istri saya.

setelah 6 bulan saya berhubungan intim dengan istri saya tanpa kondom, dan setiap mendekati ejakulasi saya selalu keluarkan penis saya agar sperma keluar diluar. karena saya belum berniat untuk merencanakan kehamilan lagi untuk istri saya. dan itupun saya berhubungan hanya 10x.

saya akui istri saya sangat kuat jika berhubungan, dan bisa dikatakan hypersex,

setelah anak saya umur 1 tahun, saya berhubungan dengan istri saya 8x jadi total berhubungan saya adalah 18x selama 5 bulan. dan juga saya tidak pernah mengeluarkan sperma kedalam vaginanya. tapi kenapa istri saya bisa hamil lagi dok?

apakah kemungkinan ada yang kurang baik? maksudnya apakah mungkin saya yang menghamili atau tidak?

tapi, perasaan saya adalah ( Bukan saya yang menghamili )

mohon bantu mendiagnosa dok. terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 09/09/2016
Public

Sore sobat,
Metode ejakulasi di luar vagina (seperti yang dilakukan oleh Sobat) memang memiliki tingkat kegagalan yang cukup tinggi, karena sperma masih bisa keluar bahkan sebelum ejakulasi (disebut cairan pre-ejakulasi) — sehingga sperma akan keluar dalam vagina. Berdasarkan statistik, kegagalan metode ejakulasi di luar (koitus interuptus) mencapai 20-30% — jadi, kehamilan istri Sobat bisa dianggap wajar terjadi. Oleh karena itu, jika menginginkan penundaan kehamilan yang lebih efektif di masa mendatang, disarankan menggunakan metode lain, seperti kondom, KB hormonal (pil KB, suntik KB, implan KB), atau spiral – metode ini memiliki efektivitas di atas 90% dengan tingkat kegagalan yang jauh lebih kecil. Jika Sobat dan istri sudah memutuskan bahwa jumlah anak yang diinginkan sudah cukup, dapat dilakukan kontrasepsi mantap (steril) – hal ini tersedia baik untuk pria (vasektomi) atau wanita (tubektomi).
Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.