Alergi

Anak saya usia 17 bulan, . Sejak usia 4/5 bulan (masih asi eksklusif) anak saya memiliki gejala alergi. Gejalanya batuk pada malam hari, pilek, dan dikulitnya ada ruam merah dan kering pd bagian lipatan lutut. Namun saya blm mengetahui apa penyebab alerginya. Menurut dokter dgn gejala seperti itu penyebab alerginya apa? Bagaimana mengatasinya? Dan bolehkan anak saya tes alegi? Sebaiknya usia brp boleh tes alegi?

1 Jawaban Dokter

alergi bisa dari makanan, kontak misalnya tidak cocok dengan lotion atau minyak telon, atau sabun, atau lainnya. tetapi paling umum dari makanan. Dari berbagai jenis makanan yang ada yang paling sering menimbulkan alergi adalah susu sapi, telur, seafood, dan kacang-kacangan. tetapi tidak menutup kemungkinan anak alergi terhadap makanan lain, misalnya ayam, pepaya, dan semua makanan bisa berbeda-beda reaksinya terhadap seorang anak. Gejala anak ibu sepertinya alergi memang benar bu. karena dari ASI eksklusif, zat-zat makanan tadi masuk dari ASI ibu. 
untuk alergi susu sapi, 80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. 
tes alergi disarankan untuk usia 5 tahun ke atas. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.