Demam, batuk & Pilek

Selamat pagi dokter,
saya mau tanya anak saya umurnya 3 tahun beberapa hari ini panas, batuk dan pilek. Saya sudah memberikan obat dari dokter dan hasilnya panasnya sudah sembuh, pilek dan batuknya masih tetap aja masih belum sembuh. tiba-tiba hari ini panasnya kembali muncul. Kami berobat lagi kedokter katanya efek dari batuk & pilek yang belum sembuh.
masalah ini sebenarnya sering x terjadi pada anak saya kalau panas/demam sakit sembuh muncul tiba-tiba. apa penyebab dari muncul sakitnya tiba-tiba begini. sekian dan terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 29/08/2016
Public

Hi Sobat, 
Banyak faktor yang dapat menyebabkan tubuh mengalami demam terlebih pada seorang anak mulai dari infeksi yang dialaminya baik itu infeksi saluran pernafasan seperti batuk dan pilek ataupun infeksi lainnya seperti diare, selain itu juga kondisi-kondisi lain yang juga dapat menyebabkan seorang anak mengalami demam antara lain kurangnya asupan cairan akibat anak kurang memenuhi kebutuhan cairannya yaitu minimal 2 liter sehari dan juga kondisi lainnya akibat aktifitas yang berlebih terutama untuk anak usia 3 tahun yang mungkin cukup aktif secara fisik sehingga memerlukan kebutuhan cairan yang lebih untuk menunjang aktifitas sehari-harinya. Selain itu bila kondisi demam ini sering menyebabkan gangguan paa aktifitas hariannya maka sebaiknya memang dicari tau penyebab pasti dan utamanya agar dapat diatasi sehingga tidak timbul berulang dan juga mengakibatkan gangguan yang lebih lanjut.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.