isk dalam hubungan intim

Bagaimana caranya mencegah isk datang kembali saat berhubungan intim dok ? Tidak setiap hubungan intim saya dan suami menyebabkan isk kambuh . Mohon solusi pencegahan biar meminimalisir isk tdk datang kembali .

1 Jawaban Dokter

Staff 26/08/2016
Public

Selamat malam sobat
Terima kasih atas pertanyaannya
ISK merupakan infeksi pada saluran kencing. Berdasarkan gejalanya ISK dapat dibagi menjadi dua, yaitu ISK bagian bawah dan ISK bagian atas. ISK bagian bawah merupakan infeksi yang terjadi pada uretra dan kandung kemih (sistitis). Gejala dari kondisi ini meliputi rasa ingin selalu buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urine yang keruh, dan bau urine yang tidak sedap. Sedangkan ISK bagian atas merupakan infeksi yang terjadi pada ureter dan ginjal. Gejala dari kondisi ini meliputi nyeri pada bagian selangkangan, mual dan demam.
Penyebab ISK adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri. ISK juga bisa disebabkan iritasi setelah berhubungan seksual dan akibat terganggunya kinerja pengosongan urin oleh kondisi tertentu (misal, pada sumbatan saluran kemih akibat batu ginjal). ISK memang berhubungan dengan aktivitas seksual misalnya kebersihan alat vital atau infeksi silang antar pasangan.
ISK bisa disembuhkan yaitu dengan pemberian antibiotik yang lamanya pengobatan ditentukan dengan jenis ISK yang diderita. Selain itu, pasangan juga harus di periksa dan jika terbukti terinfeksi maka sobat dan pasangan harus memdapatkan terapi antibiotik. Untuk itu saya sarankan sobat dan pasangan berkonsultasi lebih lanjut ke dokter untuk pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut.
Salam.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.