Berat Badan Anak Sulit Bertambah

anak saya perempuan usianya sekarang 11 bulan. ketika lahir beratnya 2,550 gr. sejak lahir sampai dengan usia 6 bulan, anak saya bb nya selalu naik. namun, sejak bisa merangkak dan merambat, bb anak saya semakin sulit naik. saya sudah mencoba menambahkan evoo pada makanan anak saya dan memberinya zat besi (dari dokter). namun, tetap juga bb nya sulit naik. saat ini bb terakhir 7 kg. padahal, 9 bulan harusnya bb nya sudah 8 kg. sejak diberi mpasi (usia hampir 6 bulan) sampai 8 bulan, anak saya lahap sekali makannya. namun 2 bulan terakhir anak saya itu susah sekali makannya dok. saya takut anak saya bb nya kurang dan menimbulkan malnutrisi atau sejenisnya. mohon solusinya dok, anak saya harus diberi apa dan bagaimana jika bb nya tak kunjung naik lagi dok. sebagai info, anak saya sangat aktif dan tidak pernah berhenti beraktifitas seharian. tidur tetap rutin, namun minum susu agak susah, hanya mau minum ketika tidur. ketika tidak tidur dia lebih cenderung menginginkan air putih. terima kasih banyak.

1 Jawaban Dokter

Pertama-tama kenaikan BB anak memang sudah tidak secepat saat 3 bulan pertama bu. saat 3 bulan pertama kehidupan BB akan nai, 750 gram-1 kg/bulan, tetapi 3 bulan berikutnya akan berkurang bu, sekitar 500-700 gram/bulan dan berikut-berikutnya juga akan turun bertahap. saat ini kita harapkan kenaikannya 200gram/bulan saja. 
kalau mendengar cerita ibu memang sepertinya BB anak ibu tidak naik karena aktif nya anak. tetapi baiknya ditelaah ulang, bila memang tidak baik sama sekali. Zat besi sangat baik untuk di konsumsi. bila masih tidak naik juga mungkin perlu pemeriksaan skrining untuk infeksi saluran kencing, atau infeksi lainnya bu. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.