Mengatasi anak yang tiba tiba mengamuk saat tidur malam

anak saya laki2 usia 1 tahun 10 bulan. setiap tidur di malam hari anak saya tidak pernah nyenyak tidurnya. bahkan anak saya sering mengamuk dan menangis seperti ketakutan setiap 2 jam sekali. saya mengira dia seperti melihat sesuatu yang (kami) orang dewasa tidak bisa melihatnya. namun, kejadian ini kembali terjadi setiap malam. kami sudah mengajaknya berdoa setiap malam, namun sama hasilnya. menurut saya, ada sebab lain mengenai hal tersebut. karena anak saya yang satunya (perempuan 10 bulan) tidurnya selalu nyenyak dan tidak seperti kakaknya. mohon penjelasan dan bagaimana cara mengatasi anak saya tersebut. saya ibu bekerja, pulang lepas maghrib dan meninggalkan anak saya seharian. saya kadang tidak tahu apa yg seharian terjadi pada anak saya. terima kasih banyak.

1 Jawaban Dokter

Memang benar perlu ditelaah apakah ada sesuatu yang membuat anak gelisah. Tetapi dari segi medis masih mungkin anak ibu mengalami nght teror. Umumnya terjadi setelah anak tidur, di fase awal. anak dapat menjerit-jerit bahkan seakan-akan bangun tetapi sebenarnya masih tidur. Tidak ada proses mimpi disini. Tidak semua anak mengalami hal ini. bila memang mengalami night teror, tidak apa-apa bu. karena hal ini tidak menyebabkan anak trauma. hanya memang menjerit-jerit. jaga anak agar tidak jatuh atau terbentur sesuatu. lama-lama akan hilang sendiri. 
bantu anak agar tidak terlalu excited saat menjelang tidur, jangan bermain yang terlalu aktif menjelang tidur, cari faktor yang menyebabkan anak gelisah, umumnya hal ini dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.