jantung ser ser an

selamat pagi dokter,
sejak hamil anak kedua saya semakin sering merasa jantung ser ser an.. bahkan pernah saya sampai pingsan.
sejak hamil sampai sekarang ( kurleb 5 th ) 3x pingsan, tapi beberapa kali lemas badan dingin dan pucat, kayak mayat hidup ,kata yg melihatnya.
tiap kali saya mempunyai beban pikiran, capek, emosi jantung berdetak nya serasa tidak terlalu cepat, tapi keras hingga kadang saya kaget oleh detak jantung saya sendiri, karena saking kerasnya, di dada sampai terasa seeerrr kayak darah mengalir deras kadang ngilu / nyeri di dada.
saya bukan orang yang gemuk, TB 158/ BB 41 pada usia 37 tahun, ibu dari 2 anak. makan cenderung lahap namun tidak semua jenis makanan / pemilih.
saya suka daging ( ikan sapi telur tahu tempe, suka, sewajarnya, fariasi menu, kecuali kambing.. sejak kecil saya tidak doyan ).
telapak tangan basah / berair.. saat ini, tidak, tapi saat kecil, iya.
jika dibawah matahari.. meski sebentar, badan dan muka cenderung merah, jika lama pusing, seperti pengap dikepala kemudian pingsan ( tapi sampai pingsan, si jarang ).
jika berlari kecil / beban berat cenderung ngos ngos an dan napas pendek, termasuk untuk aktivitas duduk.
dulu saya masih bisa bertahan seharian untuk melakukan hal yang sepele, seperti duduk ( pekerjaan sy cenderung lebih banyak duduk ), namun sekarang baru 2-3 jam, nafas sudah pendek tapi bukan sesak / susah nafas, semutan dan jantung ser ser an..
apakah saya termasuk ada kecenderungan berpenyakit jantung ? karena saya cenderung takut chek up karena takut jarum suntik.

1 Jawaban Dokter

Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.