Bagaimana cara mengatasi jerawat

Selamat malam dokter,
Saya ingin bertanya mengenai jerawat.

Sudah 2 bulan ini jerawat saya tidak pernah hilang padahal saya sudah mencuci muka saya dengan rajin 2x sehari bahkan 3x sehari menggunakan air bersih + hangat dan juga menggunakan sabun pencuci wajah seperti garnier men, nivea mens, biore men hingga sabun JF Sulfur. Awal nya mulai hilang/berkurang ( Cocok ) tetapi setelah menggunakan semua sabun itu lama kelamaan jerawat timbul lagi dan tidak pernah hilang jerawatnya bahkan bertambah banyak.

Hingga akhirnya saya menggunakan cara tradisional seperti menggunakan putih telur, madu, jeruk nipis tapi hasil nya sama saja ” yang awalnya saya kira cocok tetapi setelah itu jerawat bertambah kembali “.

Dan yang terakhir saya menggunakan obat dalam seperti darsi dan kapsida tetapi hasil nya pun sama saja.

Sebagai info dokter, pada saat siang hari itu lah puncak jerawat saya timbul.

Mohon solusi nya Dokter,.
Terima Kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 01/08/2016
Public

Hi Sobat, 
Jerawat yang membandel seperti yang anda alami mungkin dapat disebabkan oleh pengaruh hormonal, untuk memastikannya cobalah lakukan pemeriksaan lanjutan dan perawatan intensif dibawah pengawasan dokter spesialis kulit untuk dapat memperbaiki kondisi wajah anda agar bebas dari jerawat. Selain itu kebersihan wajah tetap harus terjaga dan hal perlu juga anda perhatikan adalah kebersihan tangan dan tidak mengaruk-garuk bagian jerawat yang sudah membaik, agar tidak menimbulkan infeksi sekunder dan berakibat kondisi jerawat yang makin parah. Bila sudah menjalani pengobatan lakukanlah hingga tuntas dan tidak kembali infeksi dan peradangan yang cukup berat.
salam sehat dan semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.