1 Jawaban Dokter

Staff 30/07/2016
Public

Selamat malam sobat
Sendi antara rahang atas dan bawah disebut juga sendi temporomandibula merupakan sendi yang bertanggung jawab terhadap pergerakan membuka dan menutup rahang mengunyah dan berbicara yang letaknya dibawah depan telinga.Sendi temporomandibula merupakan satu-satunya sendi di kepala, sehingga bila terjadi sesuatu pada salah satu sendi ini, maka seseorang mengalami masalah yang serius. Masalah tersebut brupa nyeri saat membuka, menutup mulut, makan, mengunyah, berbicara, bahkan dapat menyebabkan mulut terkunci. Pergeseran rahang bawah atau disebut juga dislokasi sendi temporamandibular merupakan kondisi dimana terjadi pergeseran sendi antara rahang atas dan rahang bawah. Beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya pergeseran sendi ini misalnya trauma, tertawa terlalu lebar, infeksi pada sendi dan lain-lain.
Tatalaksana dislokasi sendi rahang meliputi tindakan bedah dan non-bedah. Tindakan bedah dengan dilakukan operasi pengembalian sendi ke posisi awal. Sedangkan tindakan non-bedah meliputi reposisi (memposisikan ulang) sendi dari luar, peregangan dan pemijitan, kompres panas atau dingin, perawatan gigi dan menghindari membuka rahang terlalu lebar.
Akan tetapi sobat sebaiknya konsultasi ke dokter untuk menentukan apakah tindakan yang perlu dilakukan harus  melalui prosedur bedah atau non-bedah, serta perlu tidaknya prosedur pemeriksaan lain pada kondisi sobat.
 
Salam.
 
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.