Obat Kesuburan Kandungan

Malam dok,

Saya sedang program kehamilan dan pada hari pertama haid saya diberi tiga obat, yaitu: Arimidex Anastrozole, Dipthen Clomiphene Citrate, dan Ovestin Estriol. Apakah konsumsi obat ini dalam satu waktu tidak berlebihan ya dok?

Karena setelah saya browsing, Obat Clomiphene Citrate ditujukan untuk penyakit PCO (polycystic ovarysyndrome) yang dimana saya terbukti dapat menghasilkan telur dengan diameter yg dinginkan tanpa obat kesuburan. Obat Arimidex Anastrozole ditujukan selain untuk mengobati kanker stadium lanjut juga untuk pengobatan PCO jika dengan penggunaan obat Clomiphene Citrate tidak bisa (mengapa saya diberi kedua obat ini secara bersamaan ya?). Obat Estriol untuk hormon estrogen tambahan yang tentunya sudah ada juga ditujukan pada kedua obat sebelumnya.

Jadi apakah obat ini masih bersifat wajar atau berlebihan ya dok?
Mohon sarannya. Terima kasih.

Salam, Karina

1 Jawaban Dokter

Staff 28/07/2016
Public

Malam Sobat,
Obat obatan tersebut bersifat seperti hormon buatan yang merangsang pembentukan sel telur dalam jumlah banyak. Pemberian jenis obat dan dosisnya sangat bergantung dari kondisi masing masing orang — sehingga untuk memberikan pendapat haruslah dokter yang memeriksa Sobat secara langsung. Sebagai pasien,jika Sobat mengalami keraguan atau hal yang belum jelas, sobat berhak untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan lain agar mendapat pandangan kedua (second opinion) dari beliau. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.