2 answer

Staff 28/07/2016
Public

Malam Sobat,
Menjaga kecukupan gizi harus dilakukan dengan pola hidup sehat dan makan bergizi seimbang. Sobat harus makan 3x sehari, terdiri dari nasi (atau mie, roti, karbohidrat lain), lauk pauk (minimal telur, dapat pula ditambah tahu/ tempe, ayam, ikan, atau daging), dan sayur. Sobat dianjurkan memeriksakan diri ke dokter/ Puskesmas kecamatan di daerah tempat tinggal Sobat untuk mendapatkan konsultasi gizi (mengatur makanan yang sesuai dengan kebutuhan Sobat secara lebih detail) dan memeriksa kondisi kesehatan Sobat secara langsung. 
Adapun suplemen yang dapat Sobat minum adalah suplemen gizi, seperti zat besi dan asam folat, hal ini berguna untuk mempersiapkan kecukupan gizi calon ibu hamil, agar saat terjadi kehamilan nantinya janin akan berkembang dengan baik dan sehat. Suplemen dan vitamin ini juga bisa didapatkan di Puskesmas. Jika diperlukan, dokter juga dapat memberikan obat cacing jika diduga terdapat infeksi cacing di saluran cerna yang mengganggu kondisi gizi Sobat. 
Obat penyubur tidak boleh Sobat minum tanpa pengawasan dokter kandungan, karena obat-obatan tersebut memiliki banyak efek samping yang dapat membahayakan ibu tersebut ataupun janin (jika terjadi kehamilan). Obat penyubur hanya boleh dipakai jika diberikan oleh dokter kandungan setelah melalui pemeriksaan lengkap dan dengan pengawasan dokter kandungan.
 Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.