BEnjolan pada payudara kiri

Selamat siang dokter,
Saya ibu dua anak usia 32 tahun. Saya mengalami keluhan pada payudara kiri.
Bulan Februari 2016 lalu anak kedua saya selesai periode ASI. Selama 2 tahun, saya hanya memberikan ASI melalui payudara kanan dikarenakan yang sebelah kiri sering mengalami sakit dan seperti pecah pada bagian puting bila memberikan ASI.
Bulan Mei 2016, payudara kiri mengeras dan mengeluarkan nanah. Setelah diobati didokter umum, nanah berhenti keluar namun terdapat seperti benjolan di dalam payudara kiri. Oleh dokter spesialis kandungan saya diberi obat : Yafix Cefixime 100 mg, Trichodazol 500 mg,dan Relox Meloxicam 15 mg untuk 5 hari. Hasilnya, benjolan mengecil hingga kira-kira sebesar telur ayam dan tidak terasa sakit. Namun hingga sekarang masih tetap ada. Mohon pencerahannya dok. Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 28/07/2016
Public

Malam Sobat,
Hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, antara lain kelenjar air susu yang tersumbat (sehingga terjadi penumpukan air susu di dalamnya dan membengkak seperti benjolan), kista, tumor jinak, sisa infeksi sebelumnya, dan sebagainya.  untuk memastikan apa penyebabnya dan bagaimana penanganan yang tepat, Sobat perlu memeriksakan diri secara langsung ke dokter bedah. Pemeriksaan oleh dokter dapat meliputi wawancara (menanyakan detail gejala), pemeriksaan fisik, dan jika diperlukan pemeriksaan tambahan (misalnya USG payudara).  Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.