bagaimana cara agar wajah tetap awet muda

dok saya mau tanya. umur saya baru 21th. saya kan gemuk, jadi otomatis muka saya juga tembem. kemana-mana saya sering dipanggil dengan sebutan “ibu”. jadi saya sering malu padahal masih muda. menurut dokter adakah resep alami untuk muka agar awet muda? dan juga adakah cara diet yang dianjurkan untuk saya yang dengan BB 70kg?

1 Jawaban Dokter

Staff 28/07/2016
Public

Malam Sobat,
Untuk menjaga menurunkan berat badan, tidak ada cara lain selain menjalankan pola hidup sehat. Hal ini meliputi : makan teratur yang bergizi seimbang, tidak merokok, dan aktivitas fisik teratur. Menjaga asupan pola makan dapat dilakukan dengan menghindari cemilan (kripik, biskuit, dll) saat bekerja, menghindari minuman manis (teh manis, soda, jus kemasan — karena sudah banyak ditambahi gula) atau makanan manis. Secara umum, porsi makan yang dianjurkan adalah 3x makan besar dengan komposisi 1 piring makan: 1/2 nasi (atau mie, singkong, karbohidrat lain), 1/4 lauk, 1/4 sayur. Cemilan dianjurkan yang berkalori rendah (misalnya buah segar, biskuit tawar, atau roti gandum) dapat 2x sehari antara makan pagi-siang atau makan siang-malam. Jika Sobat ingin panduan makan yang lebih detail dan sesuai dengan kebutuhan kalori Sobat, Sobat dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi klinik, atau ahli gizi.
Aktivitas fisik teratur dapat dikerjakan bahkan di kantor sekalipun, yaitu secara teratur tiap 1-2 jam berdiri dari kursi, melakukan senam/ peregangan ringan, dan berjalan di sekitar kantor selama 10 menit setiap kalinya (misalnya naik-turun tangga atau mengelilingi tempat parkiran). Jika dikumpulkan, maka aktivitas yang sedikit tiap 1 atau 2 jam ini selama jam kerja bisa mencapai 30 menit — hal ini cukup bermakna. Aktivitas pun bisa ditambah setelah pulang kerja (jika ada waktu), misalnya dengan mengajak keluarga berjalan-jalan di sekitar rumah selama 10-15 menit, dan di hari libur/ akhir pekan dengan cara yang sama. Jika tubuh Sobat sudah terbiasa dengan aktivitas-aktivitas tersebut, maka perlahan-lahan dapat ditingkatkan terutama di hari libur, misalnya jika di hari libur biasanya berjalan kaki 15 menit saja, maka sebulan kemudian berjalan kaki 30 menit. Perlu diingat bahwa pola hidup sehat ini harus dijalankan secara rutin selama beberapa bulan untuk menunjukkan hasil yang kelihatan. Penurunan berat badan yang sehat dan dapat bertahan lama (konsisten) adalah sekitar 0,5 kg setiap bulan — jika terlalu cepat, hal ini juga tidak sehat dan akan sulit dipertahankan dalam jangka waktu lama (bisa naik kembali dengan singkat). Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.