menstruasi tidak teratur

selamat malam dok .
saya ingin kembali bertanya saya memiliki siklus haid yang tidak beraturan 
bulan april haid pada tanggal 5.
bulan mei haid pada tanggal 1.
bulan juni pada tanggal 10.
dan pada tanggal 2 bulan juli saya melakukan hubungan tanpa ejukasi di dalam dan saya telat menstruasi sekitar 13 hari jadi saya haid pada tanggal 23 juli . berarti panjang siklus haid saya 44. padahal saya masih berusia 18 tahun dok. saya juga sering sakit yang teramat sakit pada perut bagian bawah jikalau haid datang kadang 1-3 hari sakit dengan kadang disertai dengan mual,pusing,selalu ingin BAB,dab lemas .

rasa sakit ini berlangsung sejak saya mengalami menstruasi pertama kali pada usia 13tahun. 
keterlambatan haid sampai ke 13 hari ini sebelumnya saya mengkonsumsi banyak obat-obatan : obat pembersih darah,susu pemutih kulit,vitamin pemutih kulit, jamu pelancar haid, dan EM-kapsul.

yang ingin saya tanyakan :
1. apakah siklus menstrusi saya dapat dikatakan tidak normal?
2. apakah kegiatan berhubungan mempengaruhi siklus haid saya?
3.apakah dengan mengkonsumsi obat-obatan pula yang termasuk mempengaruhi siklus haid saya?
4.dan apakah ketika saya haid sering merasakan sakit perut,mual, ingin muntah , pusing kadang mau pingsan dan BAB itu wajar dok??

mohon penjelasannya ya dok?
terimakasih ?

1 Jawaban Dokter

Staff 25/07/2016
Public

Hi Sobat, 
panjang siklus menstruasi anda sebenarnya masih dalam batas normal yaitu 25-42 hari dan bila anda sering mengalami nyeri pada saat haid bahkan sampai dengan pingsan maka kemungkinan disebabkan karena gejala PMS dan kondisi ini harus dicari tau penyebabnya apakah mengalami gangguan pada organ reproduksi atau karena kelainan lainnya, selain itu juga dapat dibantu diatasi dengan menggunakan analgesik seperti Asam Mefenamat 500mg dan juga suplementasi zat besi.
Hubungan seksual sebenarnya tidak langsung mempengaruhi lama siklus haid, tetapi yang lebih mempengaruhi adalah stress pikiran dan kelelahan fisik yang menyebabkan keseimbangan hormon esterogen dan progresteron terganggu dan hal ini yang dapat menyebabkan siklus haid lebih memanjang, dan penggunakan obat-obatan terutama yang mengandung hormonal pun dapat menyebabkan gangguan pada siklus haid anda. Cobalah lakuan pemeriksaan lanjutan dengan dokter spesialis kandungan untuk memastikan apakah ada atau tidak gangguan pada organ reproduksi anda karena gejala PMS yang anda alami cukup berat.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.