anak suka muntah

dokter,anak saya perempuan usia 23 bulan .sejak kira kira 9 bulan,anak saya kalo nangisnya terlalu keras/sambil teriak teriak karena nangis, dan kepalanya terbentur pasti langsung muntah muntah.
pertanyaan saya,kira kira kenapa bisa kaya gitu ya?saya benar benar takut dok ada apa apa sama anak saya.
terimakasih dokter.saya mohon segera dibalas.gbu

2 answer

Staff 24/07/2016
Public

Halo Sobat,
Benturan yang terjadi apakah keras atau tidak, karena benturan yang keras dapat menyebabkan rasa pusing dan mual sehingga menyebabkan muntah. Seperti halnya benturan kepala pada kecelakaan atau terjatuh yang terlalu keras sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan meningkatnya tekanan di dalam kepala sehingga menyebabkan muntah, namun harus dibedakan muntahnya bersifat proyektil yaitu menyembur. Tapi jika benturannya tidak terlalu keras dan muntah tidak proyektil maka tidak berbahaya untuk saat itu namun untuk jangka panjang ditakutkan terjadi perkembangan yang tidak sempurna pada otak anak Sobat. Pada keadaan stres asam lambung dapat meningkat dan menyebabkan mual sehingga terjadi muntah. Jika muntah sampai menyebabkan anak Sobat dehidrasi atau kekurangan cairan, Sobat harus memberikan banyak cairan dan jika anak Sobat tidak mau minum maka Sobat sebaiknya membawa anak Sobat berobat ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1

saya tadi kasi anak saya minuman gelas namun,langsung dimuntahkan.namun hanya sedikit.makan untuk hari ini berkurang.biasanya anak saya makan lahap.dan minum pun banyak.ayahnya kasi susu namun dimuntahkan lagi baru saja.apa yang harus saya lakukan dokter?anak saya tidak akan apa apa kan dok?

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.