Bagai,am

Permisi, Dok. Saya laki-laki berumur 20 tahun, seorang mahasiswa. Selama masa perkuliahan saya di kamar sewa (kost) dgn kamar mandi dan WC bersama.
Saya kerap merasa di dalam tubuh saya ada banyak pergerakan seperti cacing, yg bisa muncul kapan saja dan dimana saja. Bahkan apabila pergerakannya sangat jelas, saya bisa menahan pergerakannya dgn menekan bagian tubuh yg dimana terasa ada pergerakan. Ia akan mengelepar-gelepar hingga melepaskannya. Sesaat setelah bersin saya kerap merasa ada banyak pergerakan kecil di bagian punggung spt bergerombol. Terutama pada saat saya akan terasa sulit sekali karena pergerakan yg ada di bagian kepala terasa sangat jelas, bahkan sesekali menyentuh bagian belakang mata saya.
Saya juga pernah tak sengaja mendengar bahwa seseorang di sebelah kamar saya merasa ada pergerakan ular-ular di dalam tubuhnya.

Apa yang sebaiknya saya minum untuk mengatasinya? Saya rasa pirantel pamoat dgn biasa saja tidak cukup mengatasinya karena bukan hanya di saluran pencernaan saja infeksinya. Apakah boleh digabung dgn Albendazole atau semacamnya? Bagaimana dgn dosisnya ataupun penggunaan dosis tunggal di bberapa hari setelah dosis pertama?

Trims.

1 Jawaban Dokter

Staff 21/07/2016
Public

Malam Sobat,
Hal tersebut dapat disebabkan karena berbagai hal, belum tentu infeksi cacing — antara lain gas dalam lambung/ usus yang berlebih (misalnya akibat sakit maag), pengaruh stres/ psikologia, dan sebagainya. Untuk menentukan secara pasti apa penyebabnya dan bagaimana pengobatan yang tepat Sobat perlu memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Semoga saran ini membantu sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.