Tidak lancar Haid

Malam, Keluhan & pertanyaan saya, berikut

Haid saya tidak rutin mendapat haid setiap bulan seperti pada umumnya, melainkan kadang lebih satu 2 minggu dari tanggal haid bulan lalu, kadang malah 3 bulan, ini kenapa ya dok? Terimakasih

1 Jawaban Dokter

Staff 18/07/2016
Public

Halo Sobat,
Menstruasi pada awalnya terjadi secara tidak teratur sampai mencapai umur 18 tahun setelah itu harus sudah teratur. Menstruasi dianggap normal jika terjadi dengan interval 22-35 hari (dari hari pertama menstruasi sampai pada permulaan periode menstruasi berikutnya) dan pengeluaran darah menstruasi berlangsung 1-8 hari. Jumlah rata-rata hilangnya darah selama menstruasi adalah 50 ml (rentang 20-80 ml), atau 2-5 kali pergantian pembalut/hari.
Gangguan menstruasi paling umum terjadi pad awal dan akhir masa reproduktif, yaitu di bawah usia 19 tahun dan di atas 39 tahun. Gangguan ini mungkin berkaitan dengan lamanya siklus haid, atau jumlah dan lamanya menstruasi. Perubahan pada siklus haid:

  • Polimenorea, yaitu siklus haid pendek dari biasanya (kurang dari 21 hari pendarahan). Polimenorea dapat disebabkan oleh gangguan hormonal yang mengakibatkan gangguan ovulasi, akan menjadi pendeknya masa luteal. Penyebabnya ialah kongesti ovarium karena peradangan, endometritis, dan sebagainya.
  • Oligomenorea, yaitu siklus haid lebih panjang, lebih dari 35 hari. Perdarahan pada oligomenorea biasanya berkurang. Penyebabnya adalah gangguan hormonal, ansietas dan stress, penyakit kronis, obat-obatan tertentu, bahaya di tempat kerja dan lingkungan, status penyakit nutrisi yang buruk, olah raga yang berat, penurunan berat badan yang signifikan.
  • Amenorea, merupakan perubahan umum yang terjadi pada beberapa titik dalam sebagian besar siklus menstruasi wanita dewasa. Sepanjang kehidupan individu, tidak adanya menstruasi dapat berkaitan dengan kejadian hidup pengendalian kehamilan.

Banyak penyebab kenapa siklus haid menjadi panjang atau sebaliknya. Penanganan kasus dengan siklus haid yang tidak normal, tidak berdasarkan kepada panjang atau pendeknya sebuah siklus haid, melainkan berdasarkan kelainan yang dijumpai:

  • fungsi hormon terganggu
  • kelainan sistemik
  • stres
  • kelenjar gondok
  • hormon prolaktin berlebih

Sebaiknya jika keadaan terus berlanjut, Sobat memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jangan lupa untuk makan makanan bergizi dan berolahraga secara rutin minimal 3x seminggu dengan durasi minimal 30 menit, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alkohol.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.