bagaimana cara mengatasi nyeri yang diakibatkan cedera lutut yang berhubungan dengan rupture ligamentum? dan apakah cedera tersebut dapat menyebabkan penyakit lain yang lebih parah?

bulan april lalu saya mengalami cedera lutut kanan yang berhubungan dengan rupture ligamentum. saya menjalani terapi selama 1 bulan dan memakai elastic verband selama 2 bulan. selama itu saya tidak boleh melakukan aktifitas berat. masa terapi dan penggunaan elastic verband sudah selesai tetapi kok kaki saya masih sering nyeri? apalagi jika terkena dingin. apakah cedera saya ini dapat menyebabkan penyakit lain yang lebih parah? mohon bantuannya bapak/ibu dokter cara untuk mengatasi nyeri dan langkah selanjutnya saya harus bagaimana. terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 11/07/2016
Public

Hi Firda Yuniaar, 
Masa rehabitasi dari cedera rupture ligamentum memang memerlukan waktu yang cukup panjang, dan akan terasa nyeri untuk beberapa saat karena posisi ligamentum cukup dekat dengan sistem syaraf terutama di daerah lutut. Oleh sebab itu memang ada baiknya untuk aktifitas yang cukup berat dan memerlukan kerja otot kaki lebih banyak tetap gunakan elastic verbant dan juga dapat dibantu dengan melakukan kompres hangat setelah beraktifitas untuk mengatasi peradangan yang terjadi. Penggunakan analgesik pun tidak ada salah ditambahkan bila rasa nyeri sangat hebat dan tidak tertahankan. Dan sebaiknya pun anda tetap melakukan kontrol setiap 1-2 bulan untuk memastikan selalu proses penyembuhan semakin baik dan bila ditemukan keluhan-keluhan lain yang berhubungan dengan kondisi tersebut. 
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.