berat badan yang berlebih

halo dokter
saya ingin sharing dan bertanya
jadi saya masih berumur 16thn dan sekarang berat saya adalah 68 kg dengan tinggi 156cm.
saya sangat mengetahui bahwa dengan berat dan tinggi seperti itu termasuk gendut, setelah saya mengetahui hal seperti itu, pada 6 atau 7 bulan yang lalu saya mengikuti program diet mayo ( tidak makan nasi dan garam ) tapi program itu hanya 14 hari setelah itu saya terbiasa untuk tidak makan nasi dan garam tapi saya merasa ada efek samping pada tubuh saya , saya tidak mengalami mensturasi selama 3 bulan dan akhirnya saya kembali makan garam. pada saat diet mayo berat saya hanya turun 4 kg. dan pada saat saya kembali makan garam lagi berat saya naik sampai 10 kg.
dan sekarang saya sedang melakukan muay thai dan diet yang hanya makan pada siang hari tanpa nasi. tapi berat saya tidak turun padahal saya sudah melakukannya selama 1 bulan ini.
menurut dokter apakah saya harus minum obat kurus? dan jika memang harus nama obatnya apa? atau saya harus tetap diet dengan muay thai itu? atau dengan cara lain?
tolong saran dietnya dong dok
makasi

2 answer

Staff 11/07/2016
Public

Hi Sobat, 
Program diet yang baik adalah tetap memperhatikan jumlah asupan dengan pola gizi seimbang, yaitu tetap mengandung karbohidrat, protein, lemak dan juga serat yang terkandung dalam buah dan sayur, hanya yang perlu diperhatikan adalah jumlahnya, perbanyaknya asupan sayur dan buah, terlebih pada pagi dan malam hari. 1 porsi nasi dapat diberikan pada menu makan siang, dan protein dan lemak sebaiknya konsumsilah yang tidak begitu berminyak. Selain faktor makanan yang tidak kalah penting adalah asupan cairan minimal 2 liter sehari agar fungsi ginjal anda tetap terjada dan jangan lupakan untuk tetap berolahraga dengan rutin karena dalam program diet bukan hanya makanan saja yang perlu diperhatikan tetapi juga olahraga. Hal ini menjadi penting karena massa lemak tubuh sebaiknya diubah menjadi massa otot yang dapat memperbaiki pula bentuk tubuh, dan perhatikan juga pola istirahat anda, cukupi kebutuhan tidur anda 7-8 jam sehari, dan kurangi asupan cemilan, junk food, minuman beralkohol, soda, dan makanan lainnya yang tinggi kalori. Dan sebaiknya pun penerunan berat badan yang terjadinya tidak lebih dari 2-3kg per bulannya agar tidak terjadi pembebanan kinerja organ dalam tubuh akibat program diet yang anda jalani, sehingga akhirnya malah berdampak pada gangguan organ.
semoga bermanfaat dan salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.