1 Jawaban Dokter

Staff 10/07/2016
Public

Halo Sobat,
Vertigo didefinisikan sebagai ilusi gerakan, yang paling sering adalah perasaan atau sensasi tubuh yang berputar terhadap lingkungan atau sebaliknya, lingkungan sekitar kita rasakan berputar. Vertigo juga dirasakan sebagai suatu perpindahan linear ataupun miring, tetapi gejala seperti ini relatif jarang dirasakan.
Vertigo disebabkan oleh adanya abnormalitas organ-organ vestibuler, visual, ataupun sistem propioseptif. Beberapa penyakit ataupun gangguan siste- mik dapat juga menimbulkan gejala vertigo. Begitu pula dengan penggunaan obat, se- perti antikonvulsan, antihipertensi, alkohol, analgesik, dan tranquilizer. Selain itu, vertigo juga dapat timbul pada gangguan kardio- vaskuler (hipotensi, presinkop kardiak mau- pun non-kardiak), penyakit infeksi, penyakit endokrin (DM, hipotiroidisme), vaskulitis, serta penyakit sistemik lainnya, seperti anemia, polisitemia, dan sarkoidosis.
Penatalaksanaan vertigo bergantung pada lama keluhan dan ketidaknyamanan akibat gejala yang timbul serta patologi yang mendasarinya. Sebaiknya Sobat berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut karena banyak sekali pemeriksaan yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis macam-macam vertigo. Untuk sementara Sobat dapat mengkonsumsi obat betahistin 3x sehari dan flunarizin 3x sehari. Jangan lupa untuk makan makanan bergizi dan berolahraga secara rutin minimal 3x sehari dengan durasi minimal 30 menit.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.