minum imboost

dokter saya mau tanya anak saya sedang minum imboost sdh sbln ini. apakah boleh diteruskan, krn yg saya pernah dengar klau mmm imboost tdk boleh terus menerus. hanya sebulan saja cukup. karena anak saya daya tahan tubuhnya sangat rentan. alhamdulillah slm puasa thn ini mmm imboost puasanya tdk ad kendla yg berarti sprti thn2 sblmnya, tolong saran n penjelasannya, terimakasih banyak.

1 Jawaban Dokter

Staff 10/07/2016
Public

Halo Sobat,
Imunomodulator sebaiknya digunakan apabila seseorang, baik anak-anak atau dewasa mengalami gangguan kekebalan tubuh. Gangguan kekebalan tubuh yang terjadi biasanya terjadi pada anak yang mudah sakit, batuk berkepanjangan hilang timbul terus, mudah demam, dan mudah terkena infeksi lainnya.
Sebaiknya imunomodulator tidak diberikan bila anak sedang dalam keadaan sehat dalam waktu bekepanjangan. Pemberian imunomodulator yang berlebihan akan merangsang respon imun justru akan memberikan reaksi berlebihan pada tubuh anak sehingga mengakibatkan reaksi alergi dan hipersensitifitas meningkat. Walau sangat jarang terjadi, pada dosis tinggi dapat menyebabkan gangguan perut ringan atau reaksi alergi. 
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.