2 answer

Staff 10/07/2016
Public

Halo Sobat,
Epistaksis (mimisan) adalah perdarahan yang keluar dari lubang hidung, rongga hidung dan nasofaring. Penyakit ini disebabkan oleh kelainan lokal maupun sistemik dan sumber perdarahan yang paling sering adalah dari pleksus Kiessel-bach’s.
Epistaksis dapat terjadi pada keadaan tubuh yang sedang tidak stamina, terpapar matahari cukup lama, setelah trauma ringan misalnya mengeluarkan ingus dengan kuat, bersin, mengorek hidung atau akibat trauma yang hebat seperti kecelakaan lalu lintas. Di samping itu juga dapat desebabkan oleh iritasi gas yang merangsang, benda asing dan trauma pada pembedahan. Infeksi hidung dan sinus paranasal seperti rinitis, sinusitis serta granuloma spesifik seperti lupus, sifilis dan lepra dapat juga menimbulkan epistaksis. Epistaksis berat dapat terjadi pada tumor seperti hemangioma, karsinoma dan angiofibroma. Melanoma pada hidung juga sebagai penyebab epistaksis yang tidak biasa. Hipertensi dan kelainan pembuluh darah seperti yang dijumpai pada arterioskelerosis sering menyebabkan epistaksis hebat, sering kambuh dan prognosisnya tidak baik. Gangguan endokrin pada wanita hamil dan menopause, kelainan darah pada hemofilia dan leukemia serta infeksi sistemik pada demam berdarah, tifoid dan morbili sering juga menyebabkan epistaksis. Kelainan kongenital yang sering menyebabkan epistaksis adalah Rendu-Osler- Weber disease. Di samping itu epistaksis dapat terjadi pada penyelam yang merupakan akibat perubahan tekanan atmosfer.
Jika kurang dari 1 menit maka kemungkinan dari pleksus Kiessel-bach’s dan Sobat tidak perlu khawatir karena dengan penekanan pada batang hidung bagian atas, perdarahan akan berhenti. Namun jika terjadi terus-menerus sebaiknya Sobat membawa anak Sobat ke dokter spesialis THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai keluhan anak Sobat. Nanti akan diperiksa apakah ada kelainan anatomi dari hidung anak Sobat yang menyebabkan rapuhnya pleksus Kiessel-bach’s tersebut.
 
Semoga sehat selalu, Sobat!

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.